Tentang Kekuatan Lain


Saya percaya ada dunia yg tidak terjamah oleh kita manusia. Yang tak kasat mata manusia, entah berbeda dimensi atau apa. Saya percaya ada jin, setan, dan malaikat, sebab berkali-kali mereka disebut dalam Al-qur’an, kitab yang saya yakini kebenerannya. Namun, soal pertolongan jin, sungguh membuat saya bergidik ngeri.

Saya takut, bukan takut akan penampakan yang bisa jadi seperti banyak film kita tafsirkan penampakannya. Ketakutan saya, lebih kepada menduakan Allah karena terjebak pada bantuan makhluk ciptaannya. Khawatir, diri jadi terjebak pada syirik, percaya kepada selain Allah.

Terlepas dari urusan Aqidah, ketika menemukan sekelompok orang yang percaya bahwa ada “makhluk” lain yang mengerjai manusia lain terdengar menyedihkan. Seolah tidak mau menerima kenyataan bahwa seseorang bisa berbuat keji diluar citra yang ditampakkan selama ini, atau seseorang mungkin mengidap penyakit yang dunia medis belum mampu menjangkaunya. Entahlah. Bagi saya, manusia benar dapat berbuat keji yang luar biasa, seperti kasus pembunuhan dan penganiayaan yang tak masuk akal yang belakangan sering kita dengar. Mereka nyata, dan sangat mungkin bukan karena pengaruh kekuatan makhluk dari luar sana. Lagi-lagi, karena sedang lupa pada Tuhannya hingga mereka gelap mata.

Untuk kasus-kasus penyakit yang mematikan, atau sebab-sebab yang tak masuk logika, memang tak jarang kita terjebak pada asumsi akan campur tangan jin yang diminta oleh seorang manusia yang sedang sakit hatinya. Namun, semoga pada akhirnya semoga kita tidak lupa untuk mengembalikannya pada Allah. Bahwa sesungguhnya tidak ada satu apapun yang dapat terjadi tanpa seizin-Nya.

Bagi saya, segala yang tak masuk akal, mestilah dikembalikan pada Allah semata, dan pertolongan sejatinya hanya diminta dari Allah semata. Tidak dari yang lainnya.

Wallahuallam.
just a thought

Bandung, 180617, 05.10

Leave a comment