Dunia Tanpa Tanya


Tidak ada yg absolut di dunia ini kecuali keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, menurut saya. Harusnya dalam iman, kita jalani saja segala perintah tanpa harus banyak tanya. Kebayang gak betapa bingungnya Nabi Ibrahim dulu ketika diminta menyembelih Nabi Ismail, putra yang telah ditunggu sekian puluh tahun. Tanpa tanya Nabi Ibrahaim alaihissalam sami’na wa […]

Meracau – Mencari Diri Yang Hilang


“When you lose touch with yourself, you lose yourself in the world.” – Eckhart Tolle Kehilangan Diri Sendiri Beberapa waktu lalu saya sempat mengalami fase dimana saya tidak tau saya harus apa. Saya tidak tau saya ingin apa. Saya seperti kehilangan arah, bingung harus kemana melangkah, dan bagaimana menikmati apa yang sedang dijalani. Dan persis […]

Tentang CINTA


“If only we could be strangers again.” – Collateral Beauty Sudah lama rasanya imaginasi saya tentang cinta tak lagi bisa berjalan seperti ketika dulu cinta hanya menjadi angan dan sesuatu yang tak terjangkau dalam kenyataan. Justru ketika cinta sudah disampaikan pada ikatan yang halal, seketika itu pula tersendat imaji untk mampu berkreasi tentang cinta. Mungkin […]

Tentang Kekuatan Lain


Saya percaya ada dunia yg tidak terjamah oleh kita manusia. Yang tak kasat mata manusia, entah berbeda dimensi atau apa. Saya percaya ada jin, setan, dan malaikat, sebab berkali-kali mereka disebut dalam Al-qur’an, kitab yang saya yakini kebenerannya. Namun, soal pertolongan jin, sungguh membuat saya bergidik ngeri. Saya takut, bukan takut akan penampakan yang bisa […]

Tentang Bahagia


Sejak dulu hingga entah kapan, topik soal kebahagiaan rasanya tidak akan habis-habis dikupas. Sejatinya setiap manusia akan bertemu satu titik dalam hidupnya dan bertanya apa sesungguhnya bahagia itu.  Tidak sedikit yang mematok standar tinggi untuk bahagia. Memiliki istri cantik solehah / suami rupawan dengan karir cemerlang, punya rumah dan kendaraan mewah, menjadi penguasa, punya keluarga […]

Tentang TUHAN


Macet. Sibuk. Sesak. Lelah. Perampokan. Penembakan. Pembunuhan. Penculikan. Penganiayaan. Manusia benar-benar makhluk yang mengerikan. Mampu melakukan hal yang tidak diduga-duga, yang diluar akal sehat, dan diluar kewajaran nurani makhluk sosial. Demi perut, demi kaya, demi popularitas, demi cinta, demi kesenangan sendiri, norma-norma kewajaran jadi tidak diindahkan. Mungkin mereka tidak punya Tuhan, mungkin mereka sedang lupa […]

Tentang Ibu dan Alpukat


“Belajar jualan kan gak musti nunggu butuh” jawab saya di suatu waktu yang lalu kepada seorang teman. Semenjak saya mencoba menjajaki dunia berdagang (jualan), saya paham bahwa tidak semua memulai karena butuh. Ada yang memulainya karena turunan dari keluarga pedagang yang dengan mudahnya menjadikan apa saja yang ditemui menjadi komoditi untuk diperdagangkan, ada pula yang berdagang karena […]

Tentang Cinta


Kalau cinta sudah teramat, segala kekurangan pun termaklumi, tapi kalau masih terasa berat, mungkin cintanya belum terlalu. Status saya beberapa lalu. Entah bagaimana membawa saya pada pemikiran bahwa cinta Allah kepada kita, hambanya, itu sudah terlalu. Tidak peduli sejauh apapun kita berlari menjauh, Allah maklum dan tidak bosan-bosannya menunggu kita untuk mengingat kembali. Lalu datang […]

Tentang Menjadi Pengaruh Baik


No matter how educated, talented, rich, or cool you believe you are, how you treat people ultimately tells all. Pagi ini rutinitas senin tak ubahnya awal minggu kerja lainnya. Bangun subuh yg sama, kereta yg sama, kepadatan yg sama, dengan karakter penumpang kereta yg itu-itu saja.  Berkereta itu bisa mendadak bikin happy gak ketulungan disaat bisa […]