Tentang Bahagia


Sejak dulu hingga entah kapan, topik soal kebahagiaan rasanya tidak akan habis-habis dikupas. Sejatinya setiap manusia akan bertemu satu titik dalam hidupnya dan bertanya apa sesungguhnya bahagia itu. 

Tidak sedikit yang mematok standar tinggi untuk bahagia. Memiliki istri cantik solehah / suami rupawan dengan karir cemerlang, punya rumah dan kendaraan mewah, menjadi penguasa, punya keluarga sempurna, punya prestasi bertumpuk, dan checklist travel list yang hampir semua telah tercoret karena berhasil dikunjungi. Ada pula yang membuat standar sederhana, sekedar bisa makan berlauk besok, bisa punya uang untuk mudik, bisa berjumpa anak istri/suami setiap hari, dagangan habis terjual, menyelesaikn hutang, memasak makanan kesukaan orang tersayang dan lainnya.

Buat saya, mungkin dulu saya sempat mematok standar tinggi, tetapi makin kesini saya hanya ingin hidup cukup. Cukup rejeki ketika ada keperluan, cukup ketenangan dan kedamaian hati karena merasa masih bisa melakukan kebaikan dan tidak menyakiti orang lain, cukup cinta dari yang tersayang, cukup ilmu agar segala peran terlaksana dengn baik, cukup waktu untuk menambah kenangan manis di masa datang, cukup sehat untuk terus hidup jauh dari kekhawatiran, cukup maaf untuk mengikhlaskan segala yang tidak sesuai dgn usaha, dan tentunya cukup dekat dengan Allah agar jiwa selalu merasa damai. Sederhana sekaligus rumit. Rumit karena rasa cukup itu asalnya dari kelola diri sendiri.

Lagi-lagi kuncinya di Allah. Kedamaian dan kecukupan harusnya tidak lagi jadi khayalan yang terlalu rumit. Meski ibadah masih amat jauh dari tidak bercela, semoga Allah tidak pernah jauh-jauh dari hati.

Aamiin.
Bogor – Jakarta, 150617

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s