Soal Berbagi Peran dalam Rumah Tangga


image

Dalam berumah tangga, berbagi peran sangatlah penting. Tidak bisa keduanya berlari, karena perlu ada yg berperan menjadi penyedia energi baru di tempat peristirahatan, tidak bisa pula keduanya berjalan santai karena lama-lama kita tergilas hidup yang terus berputar dan meminta kitamenyeimbangkan putarannya untuk bertahan.

Saya sebagai orang yg sangat berambisi melakukan banyak hal hebat dalam hidup, sejak awal menikah saya telah menyampaikan kesediaan saya untuk menjadi support system bagi suami.
“You go chase your career, I’ll be around to support you.”
Saya sudah memutuskan untuk menyesuaikan cita-cita dan pencapaian dalam hidup saya dengan pace karir suami. Alhamdulillah saya sudah merasa cukup nyaman dengan pekerjaan yg saya miliki meski tidak berjenjang karir. Dan yg memungkinkan saya berganti pekerjaan atau bahkan sampai berhenti bekerja adalah kebutuhan untuk menyeimbangkan karir suami dan eksistensi saya sebagai istri dan calon ibu dirumah.

Cita-cita saya sama sekali tidak pudar apalagi hilang, tetap terjaga didalam rencana jangka panjang saya. Hanya saja, ada penyesuaian eksekusi dengan mempertimbangkan kebutuhan bersama. Untuk saat ini, keleluasaan saya berikan kepada suami yang memang sedang dalam tahap perkembangan yang baik. Lebih menyenangkan karena suami memang benar-benar memanfaatkan waktu-waktunya dengan produktif tentu dengan tidak mengesampingkan kepentingan rumah tangga bersama. Saya bangga, suami terus berkarya, terus mencapai titik baru dalam hidupnya, meski terlihat seolah santai tapi suami sangat konsisten dengan rencana-rencana pengembangan dirinya.

So, did I lose anything by letting him chase his dream while I’m busy taking care of domestic matters?

Nope. Sama sekali tidak. Look what he gained. That’s for our family dignity as well. Saya bangga memperkenalkan sosok bapak yang bisa menjadi contoh untuk anak-anak kami kelak. Ketika suami kelak berhasil menggapai segala mimpi dalam hidupnya bukankah berarti itu jg keberhasilan saya untuk menjadi support system yg baik? Keep looking at the brightside supaya selalu happy dengan kehidupan, iya gak?

Jadi, balik lagi soal berbagi peran dalam berumah tangga, pada dasarnya ini soal berbagi kasih sayang melalu pemahaman terhadap keadaan satu sama lain, asal diiringi dengan keikhlasan, insyaAllah pemahaman untuk saling bergantian menjadi support system pun tidak akan sulit dijalani.

Setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya. Begitu pula masa berkembangnya suami dan istri.

Buat suami kesayangan, good luck ya untuk segala hal yg sedang diusahakan. Good luck buat ujiannya. You know that I will always be around whenever you feel like you need to rest.:D

Bogor, 090416, 08.44

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s