Soal Jodoh [Mimpi Jangka Pendek]


couple-on-meadow-165304

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbincang-bincang dengan salah seorang teman yang lebih senior dari saya, senior terutama dalam berumah tangga. Teman saya sempat membuat sebuah pernyataan yang membuat saya tertegun, dia berkata “Jodoh itu tidak pernah ada yang tepat.”, Saya pun sempat ternganga, apa maksudnya nih?. Lalu dia melanjutkan, “Iya, tidak pernah ada jodoh yang tepat, yang ada adalah kita yang menjadikannya tepat.”, tukasnya. “Tidak ada yang pernah bertemu calon pasangan persis seperti sosok yang selama ini diidam-idamkan, tapi karena ada komitmen untuk memilih calon tersebut dan siap dengan segala konsekuensinya, pada akhirnya kita mencari cara untuk memaklumi yang tidak lagi bisa diubah dan menyesuaikan yang masih mungkin disesuaikan.”, lanjutnya lagi.

“Menikah itu tidak semudah yang orang-orang sampaikan, Histor. Tapi tidak juga semengerikan yang orang-orang bicarakan.” lanjut menasihati. “Ingat saja niat dari awalnya, karena kita menikah dengan bismillah dan lillahitaala mencari ridho Allah, insyaAllah apapun yang akan dihadapi di depan yasudah, dijalani saja, lillahitaala.”. Ah, entah kenapa malah terdengar semakin berat. Jadi ingat unknown quote berbunyi “If your dream doesn’t scare you, it isn’t big enough.”, dan sepertinya menikah bagi saya adalah mimpi yang cukup besar, karena membayangkannya saja saya deg-degan gak karuan. Hahahaa…

Saya selalu takut berharap akan siapapun selama belum terikat dalam ikatan pernikahan, rasa-rasanya takut jika saja suatu hari nanti Allah membolak-balikkan hatinya dan tidak lagi memilih saya dan tanpa tendeng aling-aling pergi begitu saja. Ngeri… Tapi untuk sampai pada keputusan menikah juga bukan main beratnya mempertimbangkan dari A sampai Z. Ini bukan hal yang main-main lho, perjanjian terberat setelah syahadat kita kepada Allah. Tentu tidak ada yang ingin gagal. Tapi, terlalu takut gagal juga tidak mambawa kita kemana-mana. Pada akhirnya stuck di tempat yang sama dan berakhir tidak melakukan apa-apa. Salah juga sie. Ah, kira-kira begitu timpal menimpal dua sisi dalam pikiran saya. Semoga selalu diberikan kemantapan ketika sampai saatnya memutuskan.

Sebelum saya akhiri, saya jadi ingat quote yang entah saya dengar dimana yang berkata “Keberanian memilih lebih penting dari ketepatan pilihan.” Ah, andaikan saya laki-laki, sudah saya pinang dia yang saya suka. Apa daya saya wanita yang hanya bisa menunggu. Tentu dengan batas waktu tertentu. Lewat dari itu, perlu dikaji kembali… *ahahaa, gak semudah itu juga sie.

Anyway, stay happy!
Jakarta, 050614, 3.06

Gambar

One thought on “Soal Jodoh [Mimpi Jangka Pendek]

Leave a Reply

