Living my life


Saya bahagia, karena beberapa waktu kemarin saya telah melakukan hal-hal yang saya suka. Kalau ‘berbagi’ bisa disebut sebagai passion, saya rasa itu passion saya. Berbagi apapun yang saya miliki agar bermanfaat bagi orang lain.

Ada beberapa aktivitas yang saya lakukan beberapa waktu lalu, berikut cerita dari masing-masing aktivitas tersebut :

1. Pengetikan Ulang Buku Tunanetra (PUBT) di Balairung, Universitas Indonesia, Depok.

Berawal dari info viral yang menyebar dari orang ke orang hingga sampailah info tersebut kepada saya, soal menjadi relawan mengetik kembali buku untuk tuna netra. Sejak awal saya dapat info tersebut, rasanya senang sekali, saya sangat berharap semoga saya terpilih menjadi salah satu relawan. Sampai dengan H-3 hari, belum juga ada balasan apa-apa dari panitia. Saya yang sangat ingin berpartisipasi pun sempat galau hingga akhirnya singkat cerita saya berhasil menghubungi panitianya dan memastikan diri bahwa saya terdaftar menjadi salah satu relawan.

Ternyata, aktivitas ini sudah yang ketiga kalinya. Acara PUBT ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Mitra Netra dan Felowship of Netra Community. Ketua panitianya adalah seorang mahasiswi tuna netra bernama Juwita yang masih menempuh pendidikan semester 2 di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Subhanallah, saya berasa sangat kecil. Saya yang secara fisik lebih sempurna dari Juwita belum tentu bisa mengadakan acara yang sangat bermanfaat semacam ini. Rasa-rasanya saya merasa tersindir sekaligus tertantang untuk bisa menjadi manfaat yang lebih besar lagi.

PUBT

Sesampainya saya di tempat acara, sudah ada beberapa makanan kecil, sertifikat dan 30 halaman naskah yang siap diketik ulang. Saya kebagian mengetik buku “Princess Mia” serial dari Princess Diary karya Meg Cabot yang sempat amat sangat saya gandrungi jaman SMA dulu. Dari 1600 relawan yang mendaftar, hanya 850 orang yang bisa difasilitasi, dan 850 orang tersebut berhasil menyelesaikan 69 judul buku. Kebanyakan dari relawan berhasil menyelesaikan ketikan sebelum waktu istirahat siang, jauh lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan (pukul 4 sore). Dan relawan-relawan ini pun meminta kembali naskah lain yang bisa diketik untuk mengisi waktu hingga pukul 4 sore, namun, luar biasanya, seluruh naskah termasuk naskah cadangan telah habis diketik. Senang sekali mendengarnya sekaligus sedikit sedih karena saya masih ingin lanjut mengetik.

Sembari mengisi waktu, saya sempatkan mengobrol dengan salah satu panitia dari Mitra Netra, mbak Indah. Dari obrolan tersebut saya mendapatkan informasi bahwa siapapun yang ingin membantu mengetik ulang buku yang selanjutnya akan dicetak dalam huruf braille bisa mendaftarkan buku yang akan diketik dengan mengirimkan email ke beliau. Wah, rasanya seperti dahaga bertemu samudra. Senangnyaaa… Nah, buat teman-teman yang belum berkesempatan untuk berpartisipasi dalam acara PUBT ini tidak perlu bersedih, karena teman-teman bisa mendaftarkan diri untuk mengetik ulang buku dengan mengirimkan email ke indah@mitranetra.or.id dengan content judul buku yang ingin diketik, pengarang, dan penerbitnya. Mereka lebih prefer buku-buku berbahasa Indonesia untuk saat ini. Dan pengetikan tidak dibatasi sampai dengan waktu tertentu. Hanya saja teman-teman harus sadar bahwa ketika teman-teman mendaftarkan buku tersebut untuk diketik, Mitra Netra tidak akan menerima pengetikan buku yang sama oleh orang lain. Jadi mohon diselesaikan ketikannya hingga tuntas ya. InsyaAllah ini akan jadi amal jariyah, karena buku yang diketik ulang akan dicetak dan diperbanyak dalam huruf braile dan otomatis akan dibaca dari terus menerus oleh teman-teman kita yang tuna netra diberbagai tempat dan dari masa ke masa.

Saya dan relawan lain hanya meluangkan sedikit waktu dan menyumbangkan tenaga yang tidak seberapa untuk mengikuti acara ini, tapi tanpa sadar, kita sudah membantu menggambarkan dunia lebih luas lagi bagi mereka yang tidak mampu melihat dunia secara langsung.

2. Kunjungan Inspirasi ke Kampung Buku, Cibubur.

Kampung Buku 1

Masih ingat soal kelas inspirasi yang sempat saya ceritakan sebelumnya? Nah, saya dan teman-teman alumni kelas inspirasi berusaha untuk meneruskan kunjungan inspirasi ini secara berkesinambungan. Walhasil, weekend kemarin kami berhasil mengulangi kunjungan ke Kampung Buku. Kampung Buku ini sudah berdiri selama 4 tahun yang digawangi oleh Mas Edi Dimyati. Berawal dari keinginan mas Edi untuk meningkatkan minat baca anak-anak disekitar dengan membuat perpustakaan bermodal buku koleksi pribadi hingga akhirnya Kampung Buku berkembang menjadi semacam pusat kegiatan masyarakat setempat.

Kampung Buku 2

Banyak hal yang saya pelajari dari Mas Edi dengan segala kesederhanaannya. Beliau mengajarkan saya pentingnya untuk terus bergerak. Boleh jadi hal yang kita lakukan adalah hal kecil yang belum tentu berdampak besar, tapi konsistensi bergerak membuatnya suatu hari nanti, tanpa kita sadari, menciptakan perubahan yang besar. Saya melihat Mas Edi sebagai tokoh pengembang komunitas yang hebat. Berawal dari niat ingin melakukan sesuatu untuk sekitar dengan modal apa pun yang dimiliki, yang pada akhirnya menjadi bola salju perubahan besar yang menandai jalan hidup masyarakat disekitarnya.

“Tidak ada kata terlambat”, begitu kata beliau. Hal baik tidak pernah mengenal kata terlambat untuk dilakukan. Saya benar-benar merasa amat terinspirasi dengan kesederhanaan dan konsisten beliau. Lagi dan lagi, kunjungan inspirasi ini berakhir menjadi inspirasi bagi semangat pergerakan saya dan teman-teman.

Kampung Buku 5

Btw, saya dan teman-teman berniat untuk melakukan kunjungan semacam ini secara berkesinambungan. Kami ingin melakukannya sebanyak 3-4 kali dalam satu tahun. Dan mulai kemarin hingga seterusnya, saya dan teman-teman akan bertandang dengan bendera “Indonesia Social Iniciative” (ISI). Untuk acara-acara selanjutnya, saya dan teman-teman ingin merekrut relawan insidental. Bagi yang berminat, silahkan menghubungi saya langsung ya. Ah ya, dan teman-teman yang punya acara-acara bermanfaat yang ingin kami bantu fasilitasi atau ingin mengajak kami ikut serta untuk berpartisipasi, kami sangat welcome. Karena kami ingin menjadi partner bagi siapa saja yang ingin mengadakan acara sosial, kreatif, inovatif yang non-profit oriented. 

Kampung Buku 4

3. Asian Dream Cup 2014, Gelora Bung Karno.
ADC 1

Nah, aktivitas terakhir yang saya lakukan adalah acara hore-hore menyambut Runningman yang bertandang ke Indonesia. Wuaaahh,,, ini benar-benar murni karena kesukaan saya terhadap variety show ini. Saya sangat berharap dengan mereka bertandang ke Indonesia, masyarakat international bisa lebih mengenal Indonesia dan melihat banyak sisi positif yang ada di Indonesia. Hikmah dari acara ini apa ya? Mungkin semacam bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan segala sesuatu semisal menyiapkan properti untuk tim hore dalam rangka menyemarakkan GBK. Hahaha.. Maksa.. Intinya sie, luangkan waktu juga untuk melakukan hal yang kita suka. Jangan kerja terus menerus. Hidup harus seimbang. Hihihiii…

ADC 2

***

Pada akhirnya, sebenarnya saya ingin berbagi kepada teman-teman untuk “living your life”. Hidup ini tidak tahu akan berakhir kapan, nikmati hidup dan lakukan segala hal yang kita suka dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Eittss, saya tidak menyarankan untuk hidup hedon dan hanya berfoya-foya bersenang-senang dengan teman-teman sambil menghamburkan uang ya. Melakukan hal yang disuka kan juga bisa dengan menyalurkan hobi, berbagi syukur melalui kegiatan yang bermanfaat, dan sebagainya. After all, apapun yang bisa membuat kita tidak menyesal ketika suatu hari kita menengok ke belakang dan melihat segala hal yang telah kita lakukan. Dan lakukanlah segalanya dengan kesungguhan hati. It will pays you back, I can assure that.

Jakarta, 040614, 12.27

Leave a Reply

