[Random] Pelengkap Hari


 

stock-footage-woman-with-headphones-listen-to-the-music-in-the-park

Pada punya gak sie lagu yang lekat banget dengan perasaan nostalgia masa lalu? Semacam lagunya Stevie Wonder – Over Joy Lagu Tentang Seseorang yang dinyanyikan Anda mungkin, yang selalu bikin kangen jodoh masa depan yang entah siapa?

Atau lagu yang mengingatkan kita dengan sahabat seperti lagunya Saras Dewi – Lembayung Bali?

Yang selalu menyelipkan rasa hangat seperti lagunya Ingrid Michaelson – You and I?

Lagunya Hall & Oates mungkin yang bisa selalu bikin pagi jadi lebih cerah ceria dan pengen cepet-cepet meninggalkan kasur dan selimut hangat kalo ngedengerin You Make My Dream Come True?

Atau lagu yang selalu bisa menciptakan rasa aman yg lembut seperti Safe In A Crazy World nya Corrinne May?

Lagu yang selalu terdengar seperti doa tulus dari Lisa Ono yang judulnya I Wish You Love, mungkin?

Atau lagu yang selalu berasa manis dan selalu sukses bikin mesem-mesem semacam More Than World nya Extreme?

Yang mendamaikan hati seperti lagunya Emi Fujita – From A Distance?

Atau Best I Ever Had nya Vertical Horizon yang nyiptain perasaan lekat dengan kenangan yang berharga yang pernah berlalu?

Atau lagunya Gigi yang judulnya Akhirnya yang selalu bikin sadar dosa Atau lagu Home nya Michael Bubble yang selalu bikin inget rumah?

 

Ini bukan soal lirik lagunya ya, ini soal seluruh komponen terutama musiknya yang punya kekuatan tersendiri menarik-narik perasaan tertentu dari dalam diri kita. Saya yakin teman-teman pasti punya lagu-lagu seperti yang saya maksud tadi. Saya rasa ini juga sedikit banyak dipengaruhi dengan memori yang tercipta saat lagu itu kita dengar. Tidak hanya memori cerita yang menyertai, tapi juga latar dimana kita mendengarnya. Seperti lagunya Michael Bubble – Home yang selalu sukses membuat saya ingat rumah karena pada saat saya mendengar dan memaknai lagu tersebut pertama kalinya ketika saya jauh sekali dari rumah. Tapi tetap saja ada beberapa lagu yang benar-benar mencipta rasa yang berbeda begitu saja. Seperti ketika kita bisa begitu nikmatnya menyesap kopi untuk pertama kalinya padahal kita sama sekali bukan penikmat kopi. Ah, aneh memang.. Tapi menyenangkan..

 

Bagi saya, ini menyenangkan.. Melengkapi warna baru yang hadir di setiap hari yang saya jalani.. Sedikit waktu yang terluangkan untuk menikmati sedikit saja hadiah hari rasanya menggembirakan. Hahaa,, lebay sepertinya.. Sama seperti ketika secara spontan saya ingin membaca satu dari koleksi buku dan mengulang bagian mana saja yang kira-kira bisa menambah warna di hari ini sebelum sempat berganti dilewati malam. Se-acak saya membuka halaman mana saja sekenanya dan tiba-tiba merasa kutipan kalimat biasa atau potongan dialog tak istimewanya menjadi lebih bermakna. Se-meaningful tulisannya Lesley Garner yang tidak pernah jauh-jauh dari jangkauan saya.

 

Ada saatnya pula saya mengacak-acak koleksi film dan merasa ingin menonton hanya dibagian tertentu yang rasanya manis, rich, meluap-luap, haru atau bahkan menantang.. Saat-saatnya bukan ketika saya sedang punya banyak waktu luang, justru ketika sedang lelah-lelahnya beraktivitas dan tetiba merasa ada yang belum lengkap berharap menemukan pelengkapnya diantara rutinitas random ini.

 

Ah, ini sie tentang kegiatan acak tapi rutin (nah lho) yang juga turn out menjadi semacam hobby pelengkap hari. Waktunya tidak khusus, hasrat ingin melakukannya pun tidak terprediksi. Satu yang pasti, menekurinya saat dijalani rasanya sangat menyenangkan. Sedikit tapi cukup jadi pelengkap hari.

 

Disudahi saja deh, maaf ya agak nyampah dimari.. Have a good night sleep temans..

Jakarta, 050913, 21.43

Advertisements

4 thoughts on “[Random] Pelengkap Hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s