Kebaikan Pilihan


images

Ah, kangen nulis banget!! Terlalu banyak pelajaran yang ingin dibagi dan sedikit skali waktu yang saya luangkan untuk membaginya lewat tulisan. Saya coba bagikan satu hal yang saya dapatkan ya teman-teman..

***

Alkisah, ada 2 orang teman baik saya, sebut saja mereka Mawar dan Melati. Mawar pernah bekerja di tempat A dan Melati masih bekerja di tempat A. Mawar memilih keluar dari tempat A setelah tau bobroknya sistem didalamnya selain juga karena dia mendapatkan kesempatan yang lebih baik diluar sana. Di sisi lain, Melati masih bertahan bekerja disana.

Saya yang sudah mendapatkan cerita kurang mengenakkan dari Mawar, terkait pengalaman kerjanya di tempat A, langsung saja berusaha menginformasikan garis besarnya ke Melati. Bukan,, bukan karena saya ingin dia serta merta keluar dari tempat kerja A setelah tau informasi tersebut, lebih kepada saya ingin Melati tau apa yang dipilihnya dan tantangan apa yang sedang dihadapi. Lebih kepada ingin menguji komitmennya untuk bertahan dan konsekuensi ketika pun memilih untuk pergi.

Tidak sebentar saya dan Melati berbicara, berusaha imbang tanpa bermaksud menutup-nutupi fakta yang saya peroleh dari Mawar soal tempat kerja tersebut. Pada akhir pembicaraan, Melati sempat terperanjat mendengar beberapa hal yang belum pernah ia dapati sebelumnya, namun ia tetap memilih untuk bertahan. Saya mencoba terus menganalisis dan mencari pembelajaran dari 2 situasi ini, dan saya mendapati bahwa apa yang dipilih Mawar dan Melati sama-sama baik. Mawar memilih untuk tidak berkompromi dengan apa-apa yang menurutnya kurang sesuai dengan nilai yang digenggam sedang Melati memilih untuk bertahan berharap setidaknya dengan memberikan contoh baik secara konsisten mampu berdampak positif terhadap sekecil-kecilnya perubahan baik di dalam sistem. Mawar yang memilih keluar tidak lantas berlari dan menghindar begitu saja, Mawar terus berkarya melalui ranah yang lebih sesuai dengan nilai-nilai dirinya dan lebih ia kuasai.

Ternyata, memilih bertahan ataupun bergeser dan mencari tempat berkarya lainnya sama baiknya asalkan tetap berorientasi pada perbaikan diri dan lingkungan tempat kita berada. Coba saja ketika pilihan yang dibuat tidak berorientasi pada kebaikan, pasti ada ketidaknyamanan yang timbul yang benar-benar tidak bisa direkayasa oleh akal. Bagi saya pribadi, selain orientasi pilihan kita berkutat pada kebaikan dan perbaikan, juga pada ke-tidakberakhir-an proses belajar. Karena bagi saya, senyaman apapun tempat saya bernaung akan menjadi hambar dan membosankan jika tidak lagi ada proses belajar hal baru yang ditawarkan. Don’t you think so?

***

Ah, semoga teman-teman mengerti apa yang saya maksudkan melalui penjabaran singkat ini. Alhamdulillah bisa nulis lagi.. Semoga goresan samar ini bisa cukup membekas untuk perjalanan teman-teman hari ini yaa.. Keep positive!

Jakarta, 210513, 22.37

One thought on “Kebaikan Pilihan

  1. Aku paham mbak yang mbak histor sampaikan diatas.

    karena posisinya aku berada di melati. πŸ™‚

    tetapi mau bertahan ataupun keluar kalau tidak sama-sama saling belajar tidak akan menuai hasil yang baik di tempat manapun. πŸ™‚

Leave a Reply

