Ask for it


ask-for-it1

“Macan yang diam lebih menakutkan daripada anjing yg menggonggong”

Pernah denger istilah itu? Macan tetap ditakuti meski sedang diam. Namun anjing akan dilempar jika terlalu banyak menggonggong. Begitu orang bijak mengingatkan kita untuk menyalurkan kemarahan dengan lebih elegan, tidak dengan terus menggonggong tapi dengan lebih banyak diam dan menjadikan kemarahan kita (apabila diperlukan) menjadi marah yang mahal (expensive anger).

Nah, karena saya sudah pernah menulis tentang expensive anger sebelumnya jadi ya tidak akan saya bahas lagi disini. Saya hanya terlalu ingin berbagi soal pengandaian macan dan anjing diatas untuk mengingatkan teman-teman (dan juga saya) kembali. Hehee.. Yang akan saya bagikan kali ini adalah pelajaran yang saya dapatkan dari beberapa film yang sempat saya tonton beberapa hari ini : to ask for what you want.

Do you have anything in mind to conclude of what you want or what you need to be? Say it, such as : becoming a successful career-man woman, having a happy family, spreading happiness by becoming a smile maker, becoming a wealthy man, anything.. Just say it out loud. Mau jadi apapun itu sebutkan saja, dan baiknya teman-teman kenal dengan baik apa yang diinginkan tadi. Tahap selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara mendapatkannya (how to earn it). You can’t just watched the food while you’re hungry, you better learn how to attain it. To learn how to earn it, you better aware that firstly you have to get into the race. Win or lose, doesn’t matter, what matters is you become the part of the race to learn how to keep up in it.

Setelah belajar tentang ‘to earn what you want by involving yourselves into the race’, kita harus ingat bahwa diatas semuanya ada Sang Pemilik Segala tempat kita harus meminta, even after you worked your ass off. No matter how good you’re in the race, still there is God the one who decide which one deserved what best. Learn how to ask for it not just working on it. Meminta kepada Yang Maha Kuasa adalah salah satu penyeimbang dalam kerja-kerja kita mencapai apa yang kita rasa harus kita miliki. Sebagai penyeimbang dengan menjedakan istirahat disela kerja rodi duniawi kita, dan sebagai penyeimbang ketika ternyata apa yang kita usahakan tidak digariskan untuk kita miliki. Penyeimbang agar apapun hasilnya kita tidak menjadi patah dan menyerah, agar selalu tersisa harapan dari setiap ujung yang tak tergambarkan.

Jadi setelah belajar bagaimana mendapatkannya (how to earn it), kemudian bagaimana memintanya (how to ask for it), terakhir kita harus belajar bagaimana bersyukur atas hasilnya (how to thank it).
Win or lose, is about how you learn your lesson by thanking it. That’s what make us a better person. Good or bad, it depends on how you look on things, right? And btw, the bad one makes the good one even better.

Yeap, itu kira-kira yang saya pelajari dan ingin saya bagikan ke teman-teman. Mungkin sedikit terasa menggurui padahal sebenarnya saya sedang (lagi-lagi) menggurui diri sendiri dengan cara membagikan pelajaran yang saya dapatkan. Apapun kejadiannya, yang penting jangan pernah lupa belajar untuk menjadi lebih baik. Setuju kan sama saya.. Setuju aja deh, hehee.. Hal diatas bisa kita aplikasikan tidak hanya untuk keinginan duniawi, tapi juga untuk keinginan akhirat semacam ingin masuk surga mungkin? We can’t hope for jannah and doing nothing to attain it, we gotta do something.

Ah, apapun yang jadi agenda kerja kita, ingat-ingat ya, kata Rangga Umara ‘Hari kemarin harus tanpa penyesalan dan hari esok harus tanpa rasa takut’. Jangan pernah hilang harapan.

***
Walaupun tulisannya menclak-menclok dan terlalu banyak fokus, yang penting saya nulis hari ini.  pagi readers, have a great day wherever you are!

Jakarta, 110413, 05.24

2 thoughts on “Ask for it

Leave a Reply

