That I would be good


mom01

I may not be with you the way I wanna be but I’ll always be by your side..

That was said by Kristina di film Parenthood. Scene ketika Kristina collapse dan harus msuk ICU karena kondisi tubuhnya yg melemah sejak divonis kena kanker payudara. Kristina membuat video singkat untuk anak-anak dan suaminya yang sekilas seperti pesan sebelum dia pada akhirnya pergi untuk selama-lamanya. Saya sempat tersentuh dan ikut merasakan sedihnya Kristina yang harus meninggalkan anak dan suaminya. Dan saya tiba-tiba ingat ibu saya..

Mungkin ibu tidak bisa setiap saat berada disisi kita physically, tapi dia akan berusaha mendampingi, melalui nasehat-nasehatnya, melalui pelajaran-pelajaran kehidupan yang kita pelajari bersama. Mungkin ibu memang belum terpisah dimensi dengan saya, ayah, dan adik-adik, tapi jarak ruang dan waktu yang memisahkan sudah cukup membuat saya menyadari betapa tidak terpisahkannya pelajaran dari ibu di setiap hal yang saya lakukan.

Ketika suatu hari saya terjatuh dan telapak tangan saya lecet dan berdarah, ibu langsung menggunakan baju apa saja yang dipakainya untuk membersihkan luka lalu mengecupnya sambil mengucap mantra ‘ambil sakit ini dari anak saya’. Kali yang lain ibu bermimpi rok saya tersangkut dimotor tukang ojek, dan 10 menit kemudian saya mengabari bahwa saya hampir saja terjatuh dari motor ojek karena rok tersangkut. Di hari lainnya ibu tiba-tiba menelpon tanpa ada angin apa dan langsung bertanya ‘kakak sehat?’, dan saya hanya bisa berurai airmata haru karena pada saat yang sama saya sedang terbaring sakit. Ah, manis sekali.. Tidak ada yang menghalangi ikatan batin ibu dan anak-anaknya.

Suatu waktu saya sedang dalam puncak ketegangan paling tinggi menjelang hari-H melakukan satu hal besar, lalu ibu berkata ‘gapapa kakak, takut itu biasa, tapi gak boleh lama-lama’, atau ‘yee Kakak.. Masa gitu aja nangis, nangis yang banyak dan yang keras kalo gitu ya..’ Dan saya serta merta berhenti terisak setelah disuruh nangis kencang-kencang, malah jadi ketawa setelah diejek ibu. Hahahaa.. She let me be sad and scared. We don’t have to be strong all the time, it’s ok to be scared and sad sometime. Kadang kita cuma butuh tempat yang tidak selalu berkata bahwa semua baik-baik saja tapi yang berani berkata ‘semua memang sedang tidak baik, dan kamu boleh takut dan bersedih karenanya’. It’s (seriously) ok to admit that sometimes we’re down and broken. But don’t forget to move on. Dan.. Ibu selalu tau kapan harus memaksa saya terus maju dan kapan saya diperbolehkan untuk sedikit bersedih..

Ah ibu, you’re the place where we’ll keep coming back searching for a warm shelter.
Everything may not be okay today mom, and I know you’re scared too but nothing’s permanent, this too will pass..

Missing you my beautiful healer..
Jakarta, 270313, 20.38

Dedicated for the greatest mommy
“that I would be loved even when I numb myself
that I would be good even when I am overwhelmed
that I would be loved even when I was fuming
that I would be good even if I was clingy
that I would be good even if I lost sanity
that I would be good
whether with or without you”
-Alanis Morissette-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s