Masa Kecil


kids in circle

‘Celii main gambar yuk..’. Ah, ada Edi, pasti mereka menang lagi. Kali ini sebaiknya berkomplot dgn edi, bisa ikut tertular jd pemenang. Edi curang lagi, dan saya lagi-lagi tidak kuat melawan dia. Pulang. Mengajak adik bekerjasama dan mengumpulkan kekuatan. Kita kalah, tapi kita senang. Kita dalam tim yang sama. Kompak.

Kakak bilangin Ayah lho adek tadi dari bikin kepala Eka bocor. Adek nangis. Saya kasian, tapi saya jadikan rahasia itu senjata pengendali. Adek sapuin teras tuh. Adek, kakak minta baksonya. Adek, esnya buat kakak aja ya. Dan baru kemarin adek mengaku bahwa dia hanya ada di dekat Eka saat Eka terjatuh sampai berdarah. Adek tidak salah tapi adek sudah terlanjur panik karena dipersalahkan.

‘Yuk kita potong rambut’ kata Ayah. Kakak pengen dipotong pendek pake poni. Adek ikut-ikutan. Ah, adek, selalu saja meniru apa yang kakak pilih, pakai dan kakak lakukan. Tapi kakak tidak keberatan. Saat itu sie cemberut dan bete.

Adek, tidur diatas. Jangan tidur sama kakak. Adek nangis dan diam-diam terpaksa mengendap-endap keatas. Saya sedih. Tapi saya tetap tidak mau berbagi kasur.

Ibu beli baju baru buat kita hari ini. Kakak mau warna pink. Adek juga mau pink. Dan kakak selalu menang. Kakak pakai baju pink sore-sore.

Ada boneka baru dari ayah. Bisa nangis kalau dotnya dilepas. Kali ini adek tidak mau kalah. Bonekanya rusak. Baru 10 menit. Adek dapat kepala, kakak dapat badan. Sedih. Kena marah ayah.

Kakak sakit. Teman ibu bawain silverqueen dua. Ke dokter. Tetap sakit. Dibawa ke toko beli tamagochi. Lima puluh ribu harganya. Sembuh. Sibuk ngurusin tamagochi yang sakit karna lupa dikasih makan. Adek gak dapet tamagochi. Kakak dapet karena sakit. Mahal.

‘Om utmaann, elit nakaaall’. Kakak sakit perut. Adek gak bisa bilang ‘S’. Adek balas ‘coba kakak bilang ular melingkar-lingkar diatas pagar’. Kakak pergi. Kalah.

Adek ikut kakak sekolah. Adek pengen sekolah. Adek kangen kakak yang suka diajak main. Adek nunggu kakak pulang sekolah sambil duduk di ayunan.

Ibu buat eskrim. Lama sekali bekunya. Susah lupa untuk tidak mengecek kulkas kesekian kalinya.

Puasa. Mengendap-endap dekat kulkas. Es balon kacang hijau. Tutup pintu kamar. Tetap dapat hadiah 1hari puasa penuh.

Ayah pulang makan siang. Buru-buru turun dari pohon kersen. Masuk kamar pakai selimut. ‘Oh, anak ayah tidur siang ya..’. Kaki masih penuh debu. Ayah selesai makan siang. Manjat pohon kersen lagi.

Perpisahan. Latihan tari dirumah Ellen. Adek main di rumah pak Sumitro.

Sabtu malam. Telepon dari Viki. Minggu pagi. Marathon ke laut. Banyak orang. Ramai-ramai. Main voli dan berenang.

Laut. Soto Pringgondani. Jus alpukat dan jagung bakar. Senja sampai kelam. Duduk dipinggir pantai. Naik motor berempat. Favorit.

Doraemon. Film vampir china. Andi Lau, Jimmy Lin, Boboho. Jam 7-11. Sabtu-minggu pagi. Tugas nyapu terbengkalai. Besok cerita film ini disekolah.

Hapalin lagu ninja hatori. Lagu my heart will go on. Beli buku tulis Titanic. Istirahat 2 : makan bekal ramai-ramai. Buku ulangan ketinggalan. Pak Dominic gendut. Ibu Puji galak. Ibu Maria Sina Tambo kesukaan semua. Bubur kertas, peta Indonesia. Lagu daerah. Alipi nakal. Penjaga sekolah tua dan jahat. Gorengan Pak De. Dijemput. Sekolah..

Tahun baru. Terompet. Kumpul-kumpul. Anak-anak boleh terlambat tidur sampai malam. Main salto lompat karet. Kelereng. Gang Johar. Pak De Joko. Nesa. Om Chen-chen. Ngaji. MUI. Rumah. Bougenvil. Oseng-oseng daun pepaya, sambal goreng hati. Hangat.

Jakarta, 100313, 23.33
*terinspirasi dari buku Perjalanan Rasa – Fahd Jibran, tulisan berjudul ‘Kenangan’.

Advertisements

2 thoughts on “Masa Kecil

  1. bisa jadi sebuah buku cerita masa kecil. seperti montase. direkatkan pada kertas pelangi. indah. lucu. nakal. sayang. nagis. ah ada berbagai-bagai kesenangan masa kecil. ada ayah. guru ngaji. pakde.orang-orang perajut kenangan. suka.. πŸ™‚

    sibuk y? jarang-jarang posting? kapan posting tentang jalan-jalan ke mancanya? bikin pingin, bikin bermimpi, bikin pasport harusnya ya.

    tetap sehat, tetap semangat ya histor.

    • halo mbaahhh πŸ˜€
      wah, so, you find it interesting?? saya malah takutnya orang jadi gak mudheng baca tulisan saya ini, ternyata ada juga yang menikmati.. πŸ˜€

      iya nih, akhir-akhir ini jarang nulis lagi sibuk-sibuknya banget, jadi kalo luang bawaannya pengen istirahat aja. hehee.. alesan sie sebenernya,,
      Nah, postingan soal jalan2 apalagi mbah, nanti deh yaaa πŸ˜€
      btw, lagi-lagi makasih udah mampir πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s