Selalu Ada Jalan Ke Roma


Setiap orang punya caranya masing-masing untuk menemukan jawaban dari setiap pertanyaan, menemukan kembali titik terang dari setiap kegelapan. Dan cara saya menemukan jawaban dan solusi dari apa-apa yang saya hadapi adalah dengan menulis. Ah, I love writing!!

Seperti ketika masa-masa skripsi dulu, it’s not easy, seriously!! Aduhh,, skripsian tuh bikin puyeng, ya capek fisik, capek hati, capek psikis, *sigh*. Tapi ya gitu, suka menemukan kembali semangatnya saat mengingat kembali temen-temen yang lain yang udah lulus duluan juga dulunya bukan orang yang rajin-rajin banget ngerjain tugas, bukan orang-orang yang study oriented banget tapi mereka juga bisa menyelesaikan tepat waktu. Nah, seperti itu juga mind-set yang sekarang sedang saya kedepankan, apa yang sedang saya hadapi kan juga pernah dihadapi lebih dulu oleh banyak teman yang seumuran bahkan yang lebih muda dari saya, jadi ya tinggal dibuktikan saja bahwa saya pun mampu melewatinya. Tantangannya memang tidak sama persis, di satu bagian ada yang ujiannya terasa lebih berat, dibagian lain ada juga yang terasa lebih ringan jika dibandingkan dengan pendahulu-pendahulu saya. Jalani saja, Allah kan memberi ujian sesuai kemampuan bahu hambaNya memikulnya bukan?? Hehee..

Jadi inget kata-kata “Selalu ada jalan ke Roma”, yang banyak diartikan bahwa selalu ada jalan menuju tujuan yang kita maksudkan. Mau lewat jalan darat, laut, udara, ataupun bantuan dunia gaib (menghilang sekejap mata begitu saja), selalu ada cara untuk tetap bisa mencapai Roma. Tapi ya itu, bahkan dalam memilih jalan mana yang akan diambil kan butuh usaha dan pengorbanan yang sepatutnya dicurahkan. Minimal, pada awalnya kita harus meluangkan waktu untuk mengukur sebaiknya jalur mana yang kita akan pakai menuju Roma, resiko apa yang akan dihadapi, peluang apa yang mungkin bisa dimanfaatkan, kemudahan apa yang akan kita peroleh. Selanjutnya setelah terpilih jalur yang akan kita pakai, kita perlu meluangkan waktu untuk membuat ittenerary detail hingga kita bisa sampai disana, lengkap dengan persiapan-persiapan mencari tiket murah, mencari tempat transit yang memungkinkan, mempelajari system transportasi hingga sampai ke Roma, dan lain-lain.

It’s not easy, but it’s possible as long as you’ve tried hard enough, as long as you’ve given your best effort.
Yeap, ini kata-kata terkhusus saya alamatkan untuk diri saya, yang penting usahanya, tidak penting mau jadi pemenang, atau pemegang rekor terakhir, tercepat atau menjadi yang paling belakang menyelesaikan. Intinya adalah dilewati dulu prosesnya, diselesaikan, bukan disudahi. Diselesaikan berarti sudah dilewati step by step yang harus dijalani, sedang disudahi berarti menyudahi usaha meski belum sampai garis finish. Try hard enough, at least you’ve learned even if you’re not comes out as a winner.

God says “When no one else will stand by your side, I will”.. so why worry? Setelah berusaha optimal, kalau masih juga merasa kepayahan, yaudah pasrah aja sama Tuhan yang udah berjanji gak akan kemana-mana sebelum kita sempat bertanya “akankah Engkau tetap menemani?”. Enjoy life as it’s given, it has down, but it wont be permanent, later, there will be up, but keep in mind that it won’t be permanent as well.. Kalau sudah begitu, nyatakan goodbye kepada masa lalu yang telah berlalu dan tidak akan kembali lagi, and good riddance pada hal-hal yang hanya akan menghambat perjalanan kita ke depannya. Goodbye, good riddance – Pursuit of Happiness.

So, let’s find a  way to Rome, and let’s focus on the important thing you have to consider.
Let’s go home and enjoy life in a better way…
Shöneswochenende everyone…
Jakarta, 310812, 17.19

Selalu Ada Jalan Ke Roma

Advertisements

2 thoughts on “Selalu Ada Jalan Ke Roma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s