It’s The Climb


the climb, pendakian

“Life isn’t about where we’re supposed to be, but how to get where we’re deserved to be.”

Ya, hidup bukan hanya sekedar sampai dimana kita seharusnya berada tapi tentang bagaimana cara untuk sampai ke tempat dimana kita selayaknya ada. Hidup ini tentang belajar mendaki tanpa apa-apa hingga akhirnya sampai dipuncak dengan segudang keahlian yang didapat selama perjalanan mendaki.

Awal pendakian setiap orang bisa saja sama (sama-sama tanpa apa-apa) tapi akhirnya pasti berbeda. Bergantung pada apa-apa saja yang kita temui sepanjang perjalanan dan keputusan apa yang kita ambil dalam memilih setiap pilihan yang ditawarkan sepanjang perjalanannya. Ada yang sampai dipuncak sudah bisa mengenali track yang kira-kira aman untuk ditempuh (tidak ada tanda-tanda terdapatnya hewan buas, dsb), ada juga yang sudah berkenalan dengan arah angin dan pengaruhnya terhadap cuaca yang dapat mendukung perjalanan, ada yang belajar mendaki dengan membuat sandal dari sabut kelapa sehingga bisa mengurangi tingkat kelicinan ketika mendaki di waktu hujan, ada pula yang mulai mengenali tumbuhan-tumbuhan apa saja yang kira-kira aman dikonsumsi jika nanti persediaan makanan habis dan ternyata belum sampai pada tujuan perjalanan, dan banyak juga yang akhirnya hanya mendapat lelah tanpa satu pun pelajaran dan keahlian yang diperoleh selama mendaki.

Hidup ini adalah rangkaian pilihan demi pilihan dan proses pengambilan keputusan. Seperti kata Leo dalam film the vow, hidup ini tentang “a moment of impact”. Bagaimana agar kita sampai pada tempat dimana selayaknya kita berada, dipengaruhi oleh keputusan kita dalam menentukan pilihan pada akhirnya dan penyikapan setelahnya. Kadang saya berpikir, sebenarnya pilihan itu pun mengerucutkan dirinya sendiri menyesuaikan dengan situasi saat diambilnya keputusan dan kebutuhan pada saat tersebut. Setelah saya ingat-ingat kembali hidup saya kebelakang, memang semua pilihan itu sebenarnya sudah dibuat sedemikian rupa hingga pada akhirnya pilihan tersebut jadi pilihan yang mau tidak mau harus kita ambil (hanya jika kita bisa dan berani membedakan antara kebutuhan dan keinginan).

Ah, saya tau, tulisan saya mbulet, ndak popo, sing penting saya nulis. Saya bingung mau menyampaikan apa yang ada dipikiran saya, jadilah tulisannya seperti ini seada-adanya. Yang pasti, dengan menulis, lagi-lagi saya melewati proses pendewasaan diri: mengurai, merunut, dan berharap bertemu solusi setelahnya, minimal ya membawa saya pada satu titik kontemplasi yang lebih tinggi.

Pada akhirnya, saya hanya ingin berbagi lirik lagu favorite saya, The Climb by Miley Cyrus

I can almost see it.
That dream I’m dreaming, but
There’s a voice inside my head saying
You’ll never reach it
Every step I’m takin’
Every move I make
Feels lost with no direction,
My faith is shakin’
But I gotta keep tryin’
Gotta keep my head held high

There’s always gonna be another mountain
I’m always gonna wanna make it move
Always gonna be an uphill battle
Sometimes I’m gonna have to lose
Ain’t about how fast I get there
Ain’t about what’s waitin’ on the other side
It’s the climb

The struggles I’m facing
The chances I’m taking
Sometimes might knock me down, but
No I’m not breaking
I may not know it, but
These are the moments that
I’m gonna remember most
I’ve just gotta keep goin’, and
I gotta be strong
Just keep pushing on, but

There’s always gonna be another mountain
I’m always gonna wanna make it move
Always gonna be an uphill battle
Sometimes I’m gonna have to lose
Ain’t about how fast I get there
Ain’t about what’s waitin’ on the other side
It’s the climb

There’s always gonna be another mountain
I’m always gonna wanna make it move
Always gonna be an uphill battle
Sometimes I’m gonna have to lose
Ain’t about how fast I get there
Ain’t about what’s waitin’ on the other side
It’s the climb

Keep on movin’
Keep climbin’
Keep faith baby
It’s all about, it’s all about
The climb
Keep the faith, keep your faith, woah

Jakarta, 110612, 13.46

gambar

Advertisements

3 thoughts on “It’s The Climb

  1. Histor, mengena sekali….. Ak lg menghadapi tantangan2 yg rasanya seperti mustahil untuk ditaklukkan… But i have to do, And will be able to do it!!!!!

    Histor jg met berjuang ya. Makasih semangatnya!

    • waahh riaaa,, you know you can karna dulu pun kita bisa melewati tantangan2 yang sepertinya gak akan terlewati, kan kan kan…. and i know you’re strong enough to deal with whatever life gave you… semangat ria!!!

  2. “Setelah saya ingat-ingat kembali hidup saya kebelakang, memang semua pilihan itu sebenarnya sudah dibuat sedemikian rupa hingga pada akhirnya pilihan tersebut jadi pilihan yang mau tidak mau harus kita ambil (hanya jika kita bisa dan berani membedakan antara kebutuhan dan keinginan)”

    mencoba mencerna kata-kata di atas, sepertinya pilihan itu mutlak ber-opsi tanpa terusan “mau tidak mau”. pilihan selalu memunculkan alternatife yang di pilih, perkara berimbas kegagalan atau kesuksesan itu perkara lain yang mengajarkan kembali belajar memilih untuk mendapat hasil yang baik ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s