These too will pass


Teman-teman pengguna bebeh (blekhbewrrih) saya rasa sudah familiar dengan cerita yang saya dapat dr Broadcast Message teman bb saya ini.

Alkisah, ada seorang raja yang terkenal dengan kebijaksanaannya. Pada suatu hari, sang raja meminta kepada tukang emasnya yang sudah tua renta untuk menuliskan sesuatu di dalam cincinnya. Raja berpesan “Tuliskanlah sesuatu yang bisa kamu simpulkan dari seluruh pengalaman dan perjalanan hidupmu, supaya itu pun bisa menjadi pelajaran buat saya.”

Berbulan-bulan tukang emas tersebut membuat cincin permintaan raja, bagian yang sulit adalah menuliskan apa yang penting di cincin emas yang kecil itu. Akhirnya setelah berdoa dan berpuasa, tukang emas itupun berhasil membuat cincin tersebut dan menyerahkannya pada sang raja. Sembari tersenyum sang raja membaca tulisan kecil di cincin itu, bunyinya “These too will pass” (“Dan yang ini pun akan berlalu”)

Pada awalnya sang raja tidak terlalu paham dengan apa yang tertulis disana. Sampai pada suatu ketika tatkala ia dihadapkan dengan persoalan kerajaan yang pelik dan ia membaca tulisan di cincin itu, ia pun menjadi lebih tenang. “Dan ini pun akan berlalu..” gumamnya. Di waktu lain, ketika ia sedang bersenang-senang, ia pun tak sengaja membaca tulisan di cincin itu lantas ia menjadi rendah hati kembali.

Cerita singkat yang entah fiksi entah nyata ini saya yakini meski dibaca berkali-kali pun tetap menginspirasi pembacanya. Kita diingatkan bahwa tak ada sesuatu pun yang abadi di dunia ini, entah itu bahagia, sedih, bahkan cinta, semuanya akan berlalu. Setelah memahami bahwa semuanya akan berujung, kita pun jadi lebih waspada untuk tidak berlebihan, tanpa sadar kita diajarkan arti keseimbangan. Sebenarnya kita semua tau akan nilai ini tapi terkadang lupa atau sengaja melupakan berharap akhir dari segala bahagia tak akan pernah sampai dan awal dari segala kesulitan tak kunjung akan tiba. Mau atau tidak mau, semua pasti akan berselingan hadir, sedih dan bahagia.

Seperti hari ini, dini hari saya sudah dibahagiakan dengan umur pernikahan ayah ibu yang sudah menginjak ulang tahunnya yang ke-26. Tahun-tahun yang penuh dengan warna kehidupan yang terkadang menempatkan ayah, ibu, saya, dan adik-adik diatas bergelak tawa tanpa henti, tak jarang pula terlindas-lindas dibawah hingga untuk merangkak pun seolah tak lagi ada daya tersisa. Tahun yang mempertemukan dengan banyak perpisahan dan tak sedikit pertemuan baru. Sore harinya saya dikejutkan dengan berita duka seorang teman yang harus kehilangan ayahnya, rupa-rupanya telah berakhir masa uji hidup dunia almarhum. Ah, indah sekali, kembali diingatkan untuk selalu seimbang, tidak bahagia berlebihan karena mungkin tak lama berselang kita akan meraung-raung dalam tangisan.

This too will pass, and we gotta face it wisely.
Saya tau, tentu tidak mudah bagi teman saya kehilangan sosok panutan yang sejak kecil sudah menemani setiap momen terbaiknya, namun semoga ia pun tak berlarut-larut dalam kesedihan. Cepat atau lambat, semua pasti berlalu, seperti bergantinya siang dan malam, berselingannya mentari dan hujan juga pelangi.

There is no easy day even if it’s covered with laughter. Karna kalo kata film NCIS “The only easy day was yesterday” which is sudah berlalu dan tinggal menjadi kenangan, mau bagaimanapun susahnya yang namanya hari esok akan terasa mudah karena sudah lewat masa-masa suka dan dukanya. And today will always be tough (doesn’t mean hard) for them who plan to make a better day. We need more effort to work on our better life. Nah, coz today will be yesterday on the next 24hours so we gotta enjoy every second of it. It will pass really soon and we don’t wanna miss anything we want to have at the moment.

So, please not too much on making, having, doing, or feeling everything, coz every ‘now’ will be ‘ago’.
Jakarta, 090212, 22:19

Aurora Borealis

Advertisements

7 thoughts on “These too will pass

  1. spakat.. apapun itu akan berlalu,, jadi jalani hidup ini dengan bersyukur akan apa yang dimiliki sekarang.. nuhun teh.. daisukiii desuu…

  2. suka dengan
    “This too will pass, and we gotta face it wisely.
    So, please not too much on making, having, doing, or feeling everything, coz every ‘now’ will be ‘ago’.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s