I got a job!!


As it says in my blog header, I should not stop to capture and share all the story I’ve made… So, here it is.. J

 

Banyak yang sudah menanyakan dan benar-benar penasaran bagaimana akhirnya saya bisa bekerja di tempat kerja saya sekarang, kedutaan jepang lebih tepatnya, dan sekarang akan saya bagikan cerita panjang lanjutan dari tulisan who know what yours sebelumnya.

 

Masih ingat kan terakhir kali saya sempat ikut tes di kedutaan jepang tanpa harapan apa-apa,, Alhamdulillah sie saya lulus sampai tahap tes tertulis dan wawancara, tapi sayangnya hanya sampai disitu saja, saya kemudian tidak bisa meneruskan cita-cita saya untuk bisa bekerja di kedutaan tersebut. Setelah lama lupa karena sibuknya memilah-milah hal-hal yang mungkin bisa saya persiapkan untuk masa depan saya, tiba-tiba 1,5 bulan kemudian salah satu pewawancara saya menawari pekerjaan, dan ternyata hanya saya yang diwawancara. Lebih hebatnya lagi hari dimana saya dijadwalkan untuk diwawancara adalah hari dimana mereka juga membuat keputusan bahwa pihak kedutaan jepang akan memperkerjakan saya dengan gaji sekian dan posisi ‘ini’ dimulai tanggal 17 oktober 2011 (pada saat itu tertanggal 14 september 2011). Subhanallah..  (sedikit mengulang tulisan sebelumnya, gapapa ya).

 

Meskipun mereka sudah berkata demikian tapi saya tetap saja merasa was-was, kekhawatiran saya datang karena belum ada satu dokumenpun yang saya tanda tangani, dan mereka masih menunggu medical record saya yang membuktikan bahwa saya sehat wal’afiat di tanggal 25 september nanti. Dari info salah seorang staff yang menemani saya ketika menunggu jadwal wawancara, ternyata saya baru tau bahwa pihak kedutaan (tidak hanya kedutaan jepang) tidak meng-excuse mereka-mereka yang menderita TBC atau Hepatitis. Sejauh yang saya ingat, sejak saya kecil saya tidak pernah menderita penyakit-penyakit tersebut, tapi tetap saja tanpa adanya bukti tertulis hasil dari pemeriksaan kesehatan  rasa-rasanya kemungkinan itu masih bisa terjadi pada saya.

 

Untuk mengurangi rasa was-was, segera saja saya melakukan tes kesehatan, dan alhamdulillahnya kondisi kesehatan saya baik-baik saja. Fiuuuhhh…. berkuranglah kecemasan saya pada saat itu, terutama ketika hasil kesehatan saya sudah diserahkan dan dinyatakan tidak bermasalah apa-apa. Pada saat itu, saya diinformasikan untuk mulai bekerja tanggal 17 oktober 2011, namun entah kenapa di hari saya menyerahkan dokumen kesehatan masih juga belum saya tandatangani dokumen apapun, ada beberapa syarat yang harus saya lengkapi untuk selanjutnya kembali kesana, termasuk salah satunya denah tempat tinggal. Saya merasa saya sudah diterima, akan tetapi tidak adanya hitam diatas putih menyebabkan saya khawatir perubahan keputusan akan terjadi. Ternyata setelah menyampaikan kekhawatiran saya kepada HRD yang bersangkutan, lamanya proses ratifikasi dipekerjakannya saya adalah karna konfirmasi dari pihak di Tokyo belum juga selesai. Leganya saya setelah kurang lebih 2 mingguan kemudian saya mendapat kabar bahwa konfirmasi sudah diterima, dan saya pun dapat mulai bekerja di tanggal 1 November 2011. Mundur 2 minggu dari yang seharusnya, but who cares, as long as hasilnya tetap baik, hehe.. Saya malah merasa diberi waktu untuk mempersiapkan segalanya sebaik-baiknya.

 

And here I am now… Di Jakarta, pusat,, di jalan utama yang terkenal sebagai satu dari segitiga emas, dengan segala gemerlapnya… Khawatir? Sempat.. Khawatir akan terjerembabnya saya dalam pergaulan yang mungkin akan menjauhkan saya dari nilai-nilai kebaikan, tapi ternyata, Allah benar-benar menjaga saya dengan jalannya yang tidak dapat dikira-kira oleh manusia. Saya mendapat lingkungan kerja yang sangat kondusif, bahkan bersentuhan pun tidak pernah karena tradisi berkenalan dan memberi salamnya yang sembari membungkuk hormat kepada lawan bicara. Ahhhh.. apalagi yang bisa membuat saya bisa lari dari Allah, sedang tidak hanya lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan tapi juga teman kerja yang banyak mengingatkan bagaimana seharusnya seorang muslimah berlaku.

 

Isn’t it interesting even for you?? I’m sure it is… It’s all because HE disposed my life proposal, but before everything, I have a faith that God will always provide what you’ve been wishing no matter how unreal it is… So, try to make one and proof it yourself… J

 

Be faithful..

Jakarta, 271111, 23.00

2 thoughts on “I got a job!!

  1. MBAK….kalo boleh tahu, gajinya berapa di kedutaan? saya ada rencana untuk apply di sana tapi mau compare dulu dengan gaji sekarang… e-mail aja mbak…thanks

Leave a Reply

