Miracles Forward


miracles happen

Pernah nonton film “Pay It Forward”? Masih ingat seperti apa filmnya?? Saya sudah lama menontonnya, dan baru kemarin ketika mengikuti sebuah acara akhirnya kembali diingatkan nilai penting film tersebut. Film yang bercerita tentang betapa hebatnya konsep MLM kebaikan yang diteruskan dari si penerima kebaikan kepada calon penerima kebaikan lainnya.

Dalam acara tersebut, Kang Tony Rahardjo (pembicara) berbagi cerita bahwa beliau setiap hari berusaha melakukan keajaiban. Keajaiban disini berarti sesuatu yang berbeda yang justru kebanyakan orang tidak ingin melakukannya. Beliau pernah suatu ketika berjalan disekitar gerbang UNPAD kemudian berhenti dari satu pedagang kaki lima ke pedagang lainnya hanya untuk mendoakan semoga rejeki mereka hari ini lancar dan diberkahi. Ya,, itu salah satu contoh keajaiban kecil yang bisa dilakukan yang tidak semua orang berpikir untuk melakukannya. Atau dengan membayarkan ongkos DAMRI/angkot seseorang yang sama sekali tidak kenal dan terlihat seperti membutuhkannya. Atau bisa juga seperti yang pernah beliau alami ketika mobil beliau tertabrak dari belakang oleh angkot. Pada umumnya, kita sebagai korban yang tertabrak akan marah-marah bahkan memaki-maki si penabrak, tapi justru yang beliau dan istri lakukan malah menyodorkan sejumlah uang kepada si penabrak. Ya, pasti teman-teman mengerutkan dahi, saya pun demikian. Aneh, unik, dan berbeda, dan itulah keajaiban yang beliau lakukan di hari itu.

Saya benar-benar tergelitik. Kenapa keajaiban harus ditunggu? Ternyata bisa kita ciptakan, seperti yang pernah kang Tony lakukan. Saya yakin, sopir angkot tersebut pun sempat berpikir sejenak dan mungkin akan meneruskan cerita tersebut ke orang lain seperti yang sedang saya lakukan saat ini. Bisa jadi, orang selanjutnya yang mendengar cerita tersebut pun merasa tergelitik dan tertantang untuk melakukan hal serupa. Dan saya berharap teman-teman yang membaca tulisan ini pun ikut tergugah untuk bisa melakukan keajaiban-keajaiban kecil yang bisa membuat tiap hari kita benar-benar istimewa.

Cerita mengenai keajaiban ini kemudian menginspirasi saya untuk membuat buku kecil yang berisi semua daftar keajaiban yang terpikirkan oleh saya dan mungkin dilakukan. Keajaiban demi keajaiban tersebut akan saya checklist satu persatu dan bisa jadi akan ada yang saya contreng lebih dari satu ketika keajaiban tersebut kembali saya lakukan. Sama hal nya seperti ketika kita membuat daftar panjang mimpi-mimpi kita. Kenapa tidak kita buat pula daftar keajaiban yang efek kecilnya ini mungkin suatu saat akan membukit dan membuat setiap inci bumi ini menjadi serangkaian keajaiban.

Dan, apa saja keajaiban yang ingin teman-teman lakukan esok hari??
Jatinangor, 110511, 01.42

Leave a Reply

