GIVE MORE AND BE MORE…


Hari ini (6 Mei 2011) saya benar-benar mengharu biru sejak pagi. Bagaimana tidak, ada seorang adik kelas (beda fakultas) yang dipertemukan melalui beberapa kepanitiaan event (yang pernah saya dan dia perjuangkan bersama ) berkata diakhir message FB bahwa mimpi sejak tahun pertama dia bertemu dengan saya akhirnya menjadi kenyataan. Betapa berterimakasihnya dia karna saya sudah memberikan inspirasi (yang saya sendiri sama sekali tidak pernah menyadarinya) untuk menggapai impiannya agar dapat merasakan shock culture melalui adventure menjelajah bumi belahan lain…

Saya kehabisan kata dan hanya bisa berucap terimakasih atas ucapan yang begitu menyentak hati saya (yang mungkin sedikit lebay) atas kesempatan dari Allah ikut serta berpartisipasi dalam goretan sejarah hidup orang lain. Saya hanya merasa bahagia yang teramat sangat, lebih dari bahagianya saya ketika dulu benar-benar seolah baru sadar bahwa saya sedang menginjak tanah Eropa. Dan sekarang, saya merasa ikut serta dalam persiapannya pergi ke Jerman beberapa hari lagi.

Begini rupanya bahagia yang hakiki,, Bahagia yang punya tingkatan paling tinggi ternyata bukan disaat kita bisa meraih apa yang kita harap-harapkan dan impikan selama ini, bahagia yang paling bahagia ternyata ketika kita bisa membuat orang lain merasakan apa yang pernah kita rasakan dan ketika yang lain bisa meraih apa yang mereka impikan,, Bahagia ini rasanya benar-benar menyenangkan.. Benar ternyata perkataan dosen saya, seorang Juara belum benar-benar menjadi juara sejati sebelum ia bisa membuat yang lain mengulang kemenangannya. Kesejatian seorang juara tergambarkan dari rasa bangga dan bahagia bisa melihat yang lain mampu meraih kemenangan bahkan yang lebih baik dari kemenangan yang pernah kita capai.

Tak lama setelah itu, seorang adik kelas lainnya juga bercerita betapa antusiasnya dulu ketika saya berbagi pengalaman perjalanan saya di depan sekre BEM. Dan saat ini, esok hari tepatnya, dia akan melakukan perjalanan yang dulu seolah tak terbayangkan bisa dialami olehnya. Lagi dan lagi saya hanya bisa sumringah sembari berucap syukur sebanyak mungkin. Allah sepertinya memang sedang menunjukkan bahwa seberapa besarpun pengalaman dibagi tak kan pernah mengurangi indahnya pengalaman yang pernah kita lewati, bahkan menambah nilai diri dan pengalaman emosional melalui perasaan haru karna keikutsertaan kita dalam kesuksesan seseorang.

Saya masih ingat ketika seorang pembicara berkata bahwa ketika kita sudah menjadi orang yang bermanfaat, konsekuensinya adalah siap untuk menjadi tempat bertanya. Tidak terjadi begitu saja, ternyata bahkan saya sering terjebak dalam kejengahan menjelaskan lagi dan lagi kembali bercerita tentang pengalaman saya untuk menjawab rasa penasaran dan keingintahuan orang-orang yang juga ingin merasakan yang saya rasakan. Tidak jarang sembari bersungut-sungut dihati dan mengumpat atas ketidaktangkasan mereka dalam menangkap apa yang saya jelaskan. Ternyata semua mendapatkan balasan yang begitu setimpal hingga membuat saya berpikir ulang akan semua sikap yang mungkin seringnya tidak baik dalam menghadapi semua pertanyaan yang muncul dari mereka-mereka tadi. Man.. If you wanna earn more, you have to give more, and you’ll be more… Obviously,, semua kelelahan dalam membicarakan hal yang sama berulang-ulang ini benar-benar worth untuk dikorbankan jika dibandingkan semua rasa yang saya alami kemudian.

Allah membantu saya mempelajari ini dengan cara yang begitu menyenangkan..

Jika saja kemarin sering disusupi ketidakikhlasan dalam berbagi, kali ini saya akan terus berusaha untuk lebih ikhlas lagi berbagi apa yang saya miliki. Allah menggantinya dengan balasan yang setimpal. Dan bukankah jika rejeki (termasuk pengalaman) kita bagikan maka Allah akan menambahkan rejeki kita? Untuk apa lagi ragu berbagi apapun yang kita miliki yang bisa jadi hanya dititipkan sementara untuk melihat seberapa amanah kita bisa menyebarkan rejeki tersebut.

I’ll give more to be more, InsyaAllah,…

Jatinangor, 110511, 01.06

One thought on “GIVE MORE AND BE MORE…

Leave a Reply

