There’s Always Something Better


Yeap,, seperti kata2 yang kemarin malam baru saya dengar di film ‘Custody’, there’s always something betterSama seperti nasib sidang saya yang tertunda karena satu dan lain hal, yang berefek juga pada tidak jadinya saya wisuda Mei ini (Akhirnya punya keberanian juga untuk menuliskannya). Tidak menampik, diantara beberapa yang membuat kelulusan saya terhambat pasti ada satu-dua diantaranya karena kesalahan sendiri. Sulit untuk memaafkan segala hal yang menjadikan situasi seperti sekarang ini, dan yang paling sulit adalah memaafkan kesalahan diri sendiri.

Proses memaafkan adalah urutan dari proses mengenali kesalahan, mengakuinya dan kemudian menerima akibat dari kesalahan tersebut. Dan memaafkan diri sendiri adalah hal yang tidak mudah. Karena butuh courage untuk mengakui diri telah salah and learn to live with it. Sulit tapi menyenangkan sekali ketika kita berhasil melakukannya. Terasa melegakan dan menenangkan. Yang sudah berlalu ya sudah, fokus kembali dalam persiapan esok hari.

Perubahan itu pasti adanya, termasuk perubahan dalam rencana. Anggap saja yang kemarin terjadi bagian dari pembuktian bahwa kita masih hidup dengan mengalami dan merasakan sendiri perubahan yang terjadi. Change is what a life is all about.. if you dont change, you cant ever exist in this life.. seperti dikutip dari film custody. That’s all prove that Im still a part of life.. =D Kalau kata ibu sie begini “Ibu udah bolak balik liat terjemahan Al Qur’an tapi tetep gak nemuin ayat yang membolehkan sedih berlarut-larut”, dan saya sontak tersenyum mendengar gurauan sekaligus wejangan dari ibu… Allah tidak pernah berfirman bahwa kesedihan akan terus berlanjut dan tidak memperbolehkan hambanya berlarut-larut dalam kesedihan, malah sebaliknya dijanjikan bahwa kemudahan yang diberikan lebih banyak dari ujian yang dihadapi.

“Kalau matahari itu kesuksesan, maka hambatan itu seperti hujan. Dua-duanya harus seimbang, kalau matahari terus bersinar tanpa henti (sukses terus), nanti kita malah jadi meleleh, memuai, dll. Sebaliknya, kalau hujan terus menerus lama-lama kita bisa tenggelam.”, ibu melanjutkan. Jadi memang Allah sudah memberikan semuanya secara seimbang. Kalau sukses terus nanti sombong dan malah jadi jauh sama Allah. Diberi sedikit hambatan hanya karena Allah ingin kita lebih dekat kepadaNya dan tidak lupa untuk bersyukur.

Ibu melanjutkan bercerita, dan kali ini ibu membahas mengenai kematian om saya sekitar awal tahun 2000. “Bukan ibu tidak sedih mamak (om) Indra meninggal tiba-tiba, tapi ibu tau itu sudah yang terbaik dari Allah, jadi ibu tidak pernah menyesali ataupun bersedih berlama-lama.”, sembari flashback kematian om saya karena ada perampok masuk rumah. Tidak hanya ada langit diatas langit, tapi juga ada bumi dibawah bumi. Kita sering lupa bahwa masih banyak orang diluaran sana yang punya ujian lebih berat dari kita dan mereka bisa bersabar menerimanya, we just don’t know what its like to be them… Kenapa kita tidak bisa ikhlas dan bersabar juga menerima ujian yang sebenarnya masih tergolong kecil ini? There’s always something better… Termasuk penundaan kelulusan dan kematian om saya yang mendadak tadi.

 Dan ternyata, saya malah bisa belajar banyak dari apa yang saya alami. Awalnya takut tidak ada teman yang lulus bersama, ternyata beberapa teman lain ada juga yang mengalami hal serupa. Jangan takut, ternyata Allah selalu memberikan orang-orang yang bisa menguatkan kita di setiap tahap kehidupan yang kita lewati. Toh kalau saya lulus sekarang tidak ada yang bisa menjamin dalam 3 bulan ke depan saya sudah bisa mendapat panggilan kerja ataupun S2.

Untungnya masih ada Allah di hati, saya tidak lagi perlu mencari-cari dimana percaya diri saya tersangkut dan tertinggal, Allah mengantarkannya kepada saya tanpa sempat saya sadari. =D

Jatinangor, 010511, 23.03

Leave a Reply

