Blogging


i love blogging

Baru saja sempat terdengar seorang teman berkata bahwa tulisan saya sudah ratusan. Setelah saya ingat-ingat postingan di blog saya dan arsip di file word saya, ternyata memang sudah ratusan jumlahnya. Tidak disangka… Rasa-rasanya baru kemarin memulai meng-klaim diri sebagai blogger, ternyata benar-benar sudah mantap menjalankan rutinitas untuk bisa dikatakan sebagai blogger yaitu dengan kesinambungan berbagi melalui tulisan.

Saya masih ingat postingan sebelumnya yang bercerita tentang mengapa akhirnya saya putuskan untuk aktif nge-blog. Mulai dari copas artikel dari blog orang lain, mulai dari menunggu mood untuk bisa menulis, mulai dari memaksa menulis, hingga akhirnya ketagihan menulis. Rasanya ada yang kurang jika belum berbagi meskipun saya sangat sadar sesadar-sadarnya bahwa tulisan saya semuanya curhatan. Hahahaha… Lah, menulis curhatan yang sesuai dengan suasana hati seperti lebih gimanaaa gitu, teman-teman pembaca pun pasti bisa merasakan mana yang mengena di hati dan mana yang hanya sekedar penggugur kewajiban agar tidak lupa jari ini cara-cara memencet tuts keyboard hingga akhirnya menjadi untaian kalimat.

Biar gak nyampah banget tulisan ini, maka saya coba sisipi sedikit pengalaman yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Awalnya saya sama sekali tidak mengerti bagaimana caranya agar saya bisa kontinyu menulis sehingga blog saya tetap update dan tetap hidup minimal per bulan atau jika memungkinkan per minggu. Dengan ragu-ragu, saya mulai tertatih merangkai kata dan berpikir keras memilih diksi-diksi yang menarik dan kohern antar satu kalimat dengan kalimat lainnya, mulai banyak membaca untuk memperkaya pilihan kata dan imajinasi karya tulisan yang akan dibuat, hingga akhirnya saya harus membawa kertas dan pulpen atau minimal handphone untuk menulis semua ide atau cuplikan kata yang nantinya akan dijadikan satu tulisan yang utuh. Wah,, seru sekali jika mengingat proses hingga akhirnya blog ini masuk di tahun ke-3 aktivasinya.

Jangan salah teman-teman, ini salah satu bentuk kesuksesan kecil saya yang sedikit banyak saat ini sudah memberi imbas positif pada penilaian kompetensi saya maupun analisis pribadi saya. Memang sie, tulisan saya terlalu terbuka dan jujur sehingga siapapun yang menelusuri tulisan saya satu demi satu akan memahami seperti apa saya, tapi saya tidak terlalu bermasalah dengan itu, insyaAllah tidak ada yang berniat aneh-aneh kan?? πŸ˜€

Nah, buat teman-teman yang sedang mempertahankan konsistensi blogging-nya, yang baru saja memulai, atau mungkin yang baru memutuskan untuk menjadi blogger, saran saya jangan setengah-setengah… Rugi kalau menggeluti sesuatu hanya setengah-setengah. Se-tidak penting apapun tulisan kita kalau berkomitmen untuk konsisten insyaAllah akan ada efek positifnya kok. Banyak contoh blog yang sebenarnya isinya sangat ringan atau mungkin hanya joke semata, tapi ternyata pengunjungnya ramai dan menjadi situs favorit yang rajin dikunjungi.

Sedikit Tips Blogging :

– Pilih tema blog yang kamu banget juga disesuaikan dengan dominasi tulisan yang akan disampaikan.

– Jaga kontinyuitas postingan tulisan minimal per minggu.

– Jaga originalitas tulisan. Kalaupun copas cantumkan sumbernya, dan bisa ditambahi dengan tulisan karya sendiri di akhir copas-an.

– Usahakan tulisan se-informatif mungkin, jangan sampai benar-benar curhat tanpa ada hikmah sebagai feeback dari pengunjung yang sudah bersedia membaca.

– Simpan back-up-an tulisan dalam bentuk word atau lainnya.

Mau tulisannya menclok-menclok, gak runut, atau apalah, gak masalah… kan lapak saya, g ada yang boleh protes, hohohoooo…

GO-BLOGging!!

Jatinangor, 260411, 23.48

https://historinasafitri.wordpress.com/

Leave a Reply

