Kita gak minta aja, Allah ngasih


Masih berkaitan dengan agenda segudang yang sempet di’curhat’in di postingan sebelumnya. Cerita tentang tawaran untuk jadi live translator ngebantuin kakak kelas saya. Akhirnya setelah capek deg2an sampai hari-H, saya pasrah juga. Mau pake deg2an, cemas, khawatir atau nggak, tantangan ini tetep harus dilewatin.. jadi yaudah deh, pasrah n pede aja. Berbekal baca-baca vocab seputar disaster relief and so, saya pun berangkat dengan modal bismillah.

Setelah sempat sesaat sebelum tamu-tamu dari negara-negara Pasifik hadir, saya bersama Pak Sigit, kepala BPBD latihan tik tok translate-an sejenak. Alhamdulillah, latihan singkat itu membantu meningkatkan pede saya. Dan.,,, tamu-tamu pun sampai,,, Berbekal bismillah,, show is starting,, Saya mulai ber cas cis cus ria,,, saya jadi orang penting kedua setelah bapak kepala balai,, hehehe, seru juga jadi pusat perhatian,, hahaha..

Setelah kurang lebih 45 menitan, akhirnya selesai juga rangkaian kunjungan tersebut. Dan alhamdulillah kakak kelas saya, LO yang mendeskripsikan tugas-tugas saya, serta bapak kepala balai, dan sebagian besar pegawai BPBD alhamdulillah cukup puas dengan hasil kerja saya. Saya benar-benar terharu…. Sehari sebelumnya, bapak yang menjadi LO saya sempat berkata “Kebiasaan disini, kalau sudah sreg sama 1 orang, biasanya sering dipake lagi. “ selain itu bapak tersebut juga sempat menawarkan seandainya saya sudah lulus kuliah saya bisa mendaftar untuk menjadi pegawai SDM disana. Dan saya rasa, kemungkinan untuk bekerjasama lagi insyaAllah lebih terbuka setelah saya kerahkan semua yang saya bisa. Alhamdulillah…

Tidak lama setelah itu, saya buru-buru pulang karna harus mengejar persiapan materi untuk mengisi malam nanti. Sebelum saya benar-benar pulang, kakak kelas saya ternyata menitipkan amplop sebagai tanda terima kasih, “Lumayan untuk beli bakso.” katanya. Dalam pikiran saya, ya tidak jauh dari honor saya ketika menjadi pembicara di sekitar kampus. Lagipula kerja saya cukup singkat dan benar-benar tidak berharap akan mendapat honor. Motivasi saya adalah untuk memperkaya pengalaman dan membantu kakak kelas saya.

Setelah sudah berada dalam perjalanan pulang, saya baru tertarik untuk mengetahui isi amplop yang tadi diberikan. Subhanallah.,, ternyata cukup besar untuk kerja yang begitu singkat, dan mungkin masih jauh dari sempurna. Honor terbesar saya selama mengisi acara, bahkan menyamai honor saya ketika di Korea mengajar TK. Alhamdulillah… Kebetulan 2 hari lagi jatah saya sudah habis, dan honor ini sangat membantu saya untuk bertahan hingga akhir bulan.

Saya jadi tersindir. Ya Allah, sangking sibuknya saya minggu ini, sampai-sampai niat untuk Solat Dhuha sering terlewatkan begitu saja karna keasyikan mengejar deadline ini itu. Sangking sibuknya saya diperjalanan, sampai-sampai tidak lagi sempat mampir di kotak-kotak amal terdekat untuk menyisihkan sebagian rejeki yang dimiliki. Sebegitu jauhnya usaha saya dari permohonan perbanyakan rejeki saja, Allah tetap bermurah hati membagi sebagian kecil rejeki-Nya yang begitu berarti buat saya. Alhamdulillah… Saya kembali terpekur dan lebih mencintai Allah. Skenarionya begitu cantik dalam mengirimkan pembelajaran ataupun review-review teori yang sebenarnya sudah lama saya dapatkan tapi jarang saya implementasikan. Allah begitu murah hatinya. Bagaimana jika kemarin saya memohon melalui sedekah dan Solah Dhuha untuk-Nya, tak terbayangkan rejeki yang akan diberikan Allah. Alhamdulillah…

Dan lelah-lelah kemarin, seketika berganti senyum dan ucap syukur yang tak bosan-bosan saya bagikan melalui cerita kepada teman-teman terdekat..

Jatinangor, 240311, 15.48

2 thoughts on “Kita gak minta aja, Allah ngasih

Leave a Reply

