[Kolaborasi] Imaji Rian


“Apphaaa??? (pake muncrat). Kamu bilang Keke hamil???”, mata Rian hampir mendelok keluar dari sarangnya.

“Si persia hamil dengan pejantan yang mana?”, lanjutnya.

“Iya, hamil,, dan ini yang ke3 kalinya!! Mau dikemanain tuh enam anaknya?! Eh tapi pas aku perhatiin akhir-akhir in si Keke emang sering ngedate ama si ‘liar’ itu, semenjak ditinggalin bapaknya anak-anak”, sahut Viona sambil mengelap mukanya yang terciprat dengan kedua tangannya.. Lumayan, berarti aku ga usah cuci muka lagi deh, lanjutnya dalam hati.

“Yah, padahal aku udah nyiapin si tampan Angora dari komplek sebelah. Gagal deh usaha gue buat nyomblangin dia. Gugurin!! It shouldn’t be this way!!” ratapnya sambil garuk-garuk tembok.

“Kan aku udah bilang, kunci pintu tiap malem, pingit Keke.”, sambil nagis bombay.

“Hah, gugurin?! Hmm gue sih setuju aja, tapi gimana caranya? Lo tau sendiri susah bgt buat nyari temen yang mau gugurin,, atau mungkin lo punya ide lain ga?”, kata Viona sambil memutar-mutar kepalanya yang tidak pegal.

“Aha, gue tau, kita beli nanas muda aja, soalnya ‘bos’ gue yang dulu ngegurin kandungannya pake nanas muda. Eh tapi gue Cuma ngasih ide lho ya,, kalo teknisnya gue ga mau bantuin, takut dosa.”, kata Rian sambil mengelus dada.

“Lha, lo gimana sih, tadi lo sendiri yang nyaranin Keke gugurin kandungannya.. Tapi nanas muda boleh juga tuh, btw, si Keke doyan kaga ama nanas, gue aja ngeri ngeliat nanas, tajem bo’ duri-durinya.. Oia atau gimana kalo kita gunain si Geri? Ntar si Keke pasti doyan tuh, apalagi dia lagi bunting, napsu makannya gede,, kan ntar pasti dia ngejer-ngejer Geri terus-terusan, lama-kelamaan ntar kecapean, terus keguguran deh,, alami kan! Soalnya gue sering liat di pelem-pelem kalo kecapean bisa keguguran”, jawab Viona..

***

“Viona..viona.. kemari sayang.. ” teriak seorang pemuda tanggung.

“Eh gue udah dipanggil nie, mau ada job dulu,, ntar kita terusin lagi deh, okay?! Bye.. ” Viona berlalu begitu saja sembari mengambil sepedanya.

“Eh vi, lo udah apal gerakan baru?” tanya Ryan.

Viona berpikir sejenak, “Gerakan solat maksud lo? Belum, pelatih gue baru ngajarin gerakan takbir doank. Udahan ah, ntar gue dimarahin nie.” Ditengah keriuhan kota Bandung, Viona pun sibuk mencari sesuap nasi.

Rian tercenung melihat Viona yang cepat-cepat berlalu. Ah, entah dirinya beruntung atau tidak, dia mungkin harus mengeruk-ngeruk tong sampah ataupun menunggu belas kasihan orang lain hanya untuk mencari sesuap makanan setiap harinya, tapi hidupnya bebas tanpa perlu takut ataupun terikat dengan sebuah aturan yang memaksanya untuk melakukan apa yang orang inginkan terhadapnya. Tapi, yah.. hidup adalah pilihan. Pilihan apapun itu pasti ada resiko dan konsekuensinya. Resiko yang harus diemban oleh setiap makhluk seperti dirinya, sekalipun atas segala sesuatu yang tidak pernah dilakukannya.

Ah,, seandainya aku seorang manusia, yang bisa bebas melakukan apapun, yang diberikan keleluasaan untuk mengatur dunia bahkan mengatur makhluk sepertinya, haha.. andaikan… Rian pun tertawa getir.

Seketika Rian terhenyak dari monolognya. Tanpa ia sadari, hatinya masih mengingat jelas trauma dua tahun lalu. Ketika akhirnya Keke, kucing kesayangannya, tewas tak sengaja tertabrak mobil yang sedang ia kendarai.

***

Lorong putih, dingin dan hening,, orang-orang berseragam putih lalu lalang. “Rian, aku anter kamu balik ke kamar ya. Besok aku kesini lagi.”, Fera pergi meninggalkan Rian. Sampai kapan Rian berputar-putar dalam dunia sendirinya Tuhan? Gumamnya nanar menatap Rian sembari meninggalkan Rumah Sakit Jiwa Bidakara.

Keterangan :

Rian : kucing [dan manusia]

Viona : Monyet

‘bos’ : Majikan ato yang punya kucing

Historina – Shyfa
A.K.A Spongebob dan patrick @bikini bottom
Jatinangor, 040311, 11.00

Advertisements

2 thoughts on “[Kolaborasi] Imaji Rian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s