Belajar tentang Keajaiban dari Ibu


Mom and I

Wah,, udah lama ya saya g cerita tentang ibu. Bukan karna ritual telpon-telponan dengan ibu yang hampir setiap hari dilakukan sedang ngadat, Cuma karna kemarin emang mood yang lagi ON buat nulisnya gombal2an.. haha..

 

Pagi ini, ibu lagi-lagi berhasil memulai awal hari saya dengan penuh semangat!! Suara di telpon sudah tidak lagi kurang bersemangat seperti beberapa minggu (bahkan hampir sebulanan) ini. Akhirnya masalah yang sedang dihadapi keluarga kami terselesaikan juga.

 

Ibu akhirnya merasa sudah saatnya untuk mengungkap detail hari-hari kemarin yang sempat ditutupi dari saya. semua keajaibannya, pengalaman keyakinan diri ibu, semuanya. Lagi dan lagi lagi ibu membuktikan bahwa Allah selalu ada buat hambaNya selama kita meyakininya. Jangan hanya 1%, atau 50%, ah tidak cukup, 99% pun masih belum cukup, harus 100% kepercayaan kita akan bantuan Allah yang datang di saat yang paling tepat harus kita yakini sungguh-sungguh. Saya hanya bisa terkesima. Mungkin tidak bisa saya bagi disini peristiwa apa yang terjadi kemarin, yang pasti teman, semua kejadian membuktikan kekuasaan Allah yang Maha Tanpa Batas itu benar-benar absolut.

 

Disela-sela ibu bercerita, terselip kata syukur yang seolah tak habis-habis bisa diungkapkan atas segala yang telah diberikan Allah. Hingga sampai pada pembelajaran yang (selalu) diberikan kepada saya sebelum percakapan harus diakhiri.

“Kak, ibu pasti tua, dan pasti suatu saat nanti akan mati, Kakak harus ingat-ingat 3 hal yang harus dipegang kuat dan jangan pernah terlupa :

1. Ikhlas

Kalau kakak sedang ditimpa musibah yang mengharuskan kakak untuk mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki, ya sudah keluarkan saja, dan lupakan. Allah pasti akan menggantinya dengan rejeki lainnya. Kalau kita ikhlas malah akan Allah lipat gandakan rejeki itu.

2. Mudahkan urusan orang lain

Ibu kemarin sempat bingung bagaimana harus cari jalan keluar, kemudian ada seseorang yang minta bantuan ibu, dan ibu bantu sebisa ibu. Dan ternyata, setelah membantu teman ibu tadi, entah bagaimana caranya ada saja jalan untuk masalah ibu. Jadi kalau kakak punya masalah, coba mudahkan urusan orang lain yang datang meminta pertolongan kakak, insyaAllah urusan kakak akan dimudahkan.

3. Berprasangka baik kepada Allah

Nah ini yang paling penting. Ibu sering bingung, gak ngerti dari mana jalan keluar masalah-masalah yang sedang dihadapi. Tapi ibu yakin 100% yakin Allah akan bantu ibu tepat pada waktunya. Yakin seyakin-yakinnya. Ingat, Allah yang tau waktunya, bukan ibu. Bahkan dalam hitungan detik, tangan Allah bisa tiba-tiba terulur ke ibu dan menyelesaikan segala yang sedang dihadapi.

Jadi kakak inget-inget ya tiga hal ini.“

 

Sebenarnya setiap kita bisa merasakan keajaiban, jika yang dimaksud keajaiban adalah sesuatu yang terjadi diluar nalar manusia. Setiap kita bisa membuat keajaiban-keajaiban itu. Dan ternyata bisa kita dapatkan hanya jika ada andil tangan Allah didalamnya.

 

Saya cuma bisa diam sembari meresapi setiap pesan yang disampaikan ibu. Betapa sombongnya saya jika masih belum bisa bersyukur atas nikmat keluarga, nikmat ibu dan ayah yang selalu mengingatkan saya ke jalan kebaikan. Ini adalah harta yang jumlahnya tidak bisa ditaksir oleh kalkulator scientific manapun. Terima kasih Allah.

 

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

QS 55, Ar Rahman

Jatinangor, 230211, 11.12

Advertisements

2 thoughts on “Belajar tentang Keajaiban dari Ibu

  1. Saya rasa.. keluarga manapun pastilah menghadapi problematikanya masing2 🙂

    dan saya kira, di sinilah hebatnya para ibu, mrk selalu punya magical touch untuk menguatkan-menenangkan batin anak2nya 🙂

    ah, jadi keinget ibu saya..

    salam untuk wanita hebat itu ya, mbak aurora borealis ^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s