REKAM JEJAK


world

Terinspirasi untuk merekam jejak sukses dan kurang suksesnya saya dalam eksplorasi dunia international setelah sempat membaca buku yang baru saja saya beli di pameran buku yang berjudul “Kuliah di Luar Negeri Gratis, Mau?” jilid 2 terbitan Lingkar Pena. Banyak hal yang bisa menggugah motivasi saya kembali sehingga mulai saat ini saya canangkan diri saya tidak hanya sebagai seorang DREAMER tapi juga sebagai SCHOLARSHIP HUNTER. Yeap, saya yakin saya bisa berkali-kali keluar negeri melalui program manapun yang memungkinkan selama ‘langit’ menyetujui.

 

Banyak tips dan trik yang saya dapatkan dari buku ini, mulai dari persiapan kualifikasi agar mudah menarik lembaga pemberi beasiswa, hingga pengalaman-pengalaman mereka yang sudah lebih dulu mendapatkan beasiswa yang semakin menyalakan bara dalam diri saya untuk suatu saat bisa menyamai mereka. Dari semua hal (yang sempat terbaca) yang diperlukan dalam peningkatan kualifikasi kita sebagai calon penerima, ada satu hal penting, otak encer bukan hal utama, tapi kecerdikan dalam menganalisis kebutuhan lapangan yang paling diperlukan dan juga tak lupa kemauan serta motivasi yang tak kunjung sampai pada kata menyerah.

 

Banyak sekali kisah inspiratif, yang bahkan sejak sarjana strata 1 hingga menjadi doktor tidak mengeluarkan dana sepeser pun. Banyak sebenarnya orang pintar yang bisa saja mudah menggeser kita dari ranah kompetisi, tapi sekuat apa usaha dan keinginan mereka untuk bisa menjadi yang terbaik?? Sebagian besar dari kontributor buku tersebut justru mengaku bahwa mereka adalah orang dengan klasifikasi intelektual rata-rata, dan ini menjadi angin segar untuk saya yang memang alhamdulillah intelektualitasnya rata-rata air,, hehe..

 

Ah ya, kenapa saya beri judul rekam jejak? Saya terinspirasi dari salah satu cerita yang berjudul “DELAPAN TAHUN, ENAMBELAS BEASISWA”,, ckckckck.. hebat sekali,, kalaupun tidak semua dijalani, itu karena bertabrakan waktunya, atau karena kondisi memang sedang tidak memungkinkan. Jadi,, intinya, beliau si penulis ini memenuhi kualifikasi ke-enambelas-enambelas beasiswa tadi… waoooww,,, hebat sekali… Nah, sekarang giliran saya rekam jejak, bedanya adalah, bukan cuma jejak sukses saya mengarungi dunia, tapi jejak kegagalan saya pun akan saya catatkan, karena jejak kegagalan saya pun berkontribusi untuk kesuksesan saya selanjutnya, atau bahkan kesuksesan teman-teman yang membaca.

 

  • 2008

–          International Spring Semester Student Exchange, South Korea  

Saya sangat suka film Korea, dan sangking seringnya menonton sampai-sampai mimpi saya pun absurd untuk bisa mengunjungi negara yang selama ini hanya bisa saya lihat dari dalam layar kaca saja,,, Eh kok ya sampailah saya di Korea. Dulu, saya sempat super duper suka sama serial korea yang judulnya “Stairway to Heaven”, dan saya ingat betul dimana saja tempat syutingnya. Pas di Korea, kok bisa-bisanya saya nyambangi Lotte World yang jadi salah satu tempat syuting (tempat syuting utama malah) di film itu,, ckckckck… memang agak sulit terjangkau logika.

 

  • 2009

Karna euphoria pengalaman pertama keluar, jadilah saya terus terlena akan mimpi untuk bisa kembali lagi jalan-jalan melihat dunia diluar sana. Saya pun coba-coba banyak program, diantaranya

–          Exchange Student ke Rikkyo University selama 1 tahun

Akhir 2008 saya jalani ini, sayangnya, beasiswa ini adalah beasiswa U to U (sister university), dan saya tidak bisa lagi ikut berpartisipasi karena saya sudah pernah mendapatkan beasiswa ke Korea sebelumnya. Sudah ditahap akhir lho,, dan denger-denger sie berpeluang besar, tapi sayang,, memang bukan rejeki, yasudahlah… Ah ya, saya sempat tidak pede sebenarnya, karena saya coba isi aplikasi tanpa berbekal kemampuan berbahasa Jepang, baru banget kursus bahasa jepang dan masih jauh dari mahir, sedang yang lain bekalnya sangat baik. Tapi ternyata, saya bisa juga melewati seleksi demi seleksi. Ini membuktikan bahwa ada faktor lain yang dipertimbangkan diluar semua faktor yang hubungannya dengan potensi pendaftar.

–         International English Language Study Program (IELSP), USA

Wah,, ini saya mupeng sekali,, 2 bulan di Amerika?? Siapa yang nggak kepengen…. sayang masih belum rejeki juga,,, sepertinya yang lebih diprioritaskan benar-benar mereka yang belum berpengalaman keluar negeri dan yang bahasa inggrisnya juga rata-rata. Saya salah strategi, justru saya mati-matian membenahi bahasa inggris saya untuk keperluan wawancara 100 besar ini. Padahal kan pak, bahasa Inggris saya juga gak bagus *mulai jujur*… Yah, namanya juga bukan milik.. J

–         TRUST by DANONE, Perancis

Kalau yang ini kerja tim. Lomba proposal bisnis semacamnya begitulah. Diajakin sama senior fakultas sebelah. Sempat di wawancara juga oleh orang perancisnya dengan bahasa Inggris via telpon, *ndak mudheng* lha wong baru bangun. Kalau menurut saya, selain ide kita harus cemerlang, kompetensi berbahasa Inggris tim pun harus seimbang.

–         Asian Youth Forum (AYF), Filipina

Nah kalau yang ini saya rada lupa tuh,,, tapi memang calon-calon dari luar sana hebat-hebat, dan karena lagi-lagi belum rejeki,, ya sudah di ikhlaskan kembali…

–          International Student Festival in Trondheim (ISFIT), Norwegia

Wah,,, ini mah yang paling saya pengen-pengenin.,, secara tetua dari semua student festival di dunia. Dan memang bejibun peminatnya, jadi memang kemampuan kita berargumen dalam essay sangat menentukan terpilih atau tidaknya kita. Tapi kegagalan kali ini justru yang membawa saya mendapatkan yang dibawah ini

–          International Student Week in Ilmenau (ISWI), Jerman

Alhamdulillah, akhirnya setelah sekian kali mencoba dan gagal, ada juga yang milik,, Tips untuk student festival seperti ini terletak pada pembuatan essay dan keberanian kita menawarkan lebih dari sekedar partisipasi sebagai peserta pasif. Saran saya, (menurut saya lho ya) sebaiknya essay sampeyan gak lepas dari pengalaman konkrit yang pernah dilakukan dan sebisa mungkin point of view nya g lepas dari karakter bangsa kita. J kemudian, kalau ada tawaran untuk culture performance atau ngasih materi presentasi, sabet aja, karna hal ini bisa memperbesar peluang anda-anda semua,, J

  • 2010

Makin gak kapok untuk terus eksplorasi the beauty of the world, saya pun meneruskan perjalanan sebagai scholarship hunter. Lanjut di 2010, tidak terlalu banyak yang saya coba, beberapa diantaranya adalah :

–          World Youth Conference, Turki

Ahh,, saya pengennya banget-banget deh kesini,,, pengen eksplorasi indahnya negara Eurasia ini, dengan pengaruh Eropanya yang kental dan ke-timur-timur-an asianya yang pasti bonita. Disini, saya juga punya misi untuk bertemu salah seorang teman yang sangat memberikan efek positif tapi belum pernah bertemu di dunia nyata. Sayang tak dapat dilawan, masih bukan rejeki saya… Mau gimana lagi?? Tapi saya sudah cukup senang karna kekurang suksesan saya setelah saya mencoba, jadi nyeselnya gak dabel-dabel gitu.. J

–          ASEANpreneur, Malaysia

Kalau yang ini, jujur sebenernya saya mengaku masih kalah jauh dalam hal ide original kewirausahaan yang bisa dibandingkan dengan pendaftar lainnya yang pastinya sebagian besar sudah pernah melakukan langkah konkrit dalam bidang ini. Jadi ya.. lagi-lagi ikhlas,,, J

–          International Youth Conference and Festival, 2010

Nah ini nie yang kemarin sempat menghebohkan blog saya dengan cerita sesi demi sesi lecturenya. Kalau yang ini feeling saya sie karna tekad saya yang kuat sekali untuk bisa ke Pakistan yang saya azamkan di tahun 2008 saat sedang seru-serunya berteman dengan teman-teman Pakistan yang sangat perhatian. J sudah seperti keluarga kedua saya. Alhamdulillah, kali ini jadi rejeki…

  • 2011

Mulai di ingatkan keras oleh orang tua untuk tidak lagi larak-lirik jalan-jalan kesana kemari mengingat umur yang sudah tidak lagi muda, dan umur studi yang sudah cukup matang (baca:tua), tapi namanya juga saya, buandeeell,, makin dilarang makin dicoba malah..

–          Asia Pasific Youth forum on Climate Change, Thailand

Seneng sie seneng pas dapetnya, tapi memang udah punya feeling kalau kali ini tidak akan mendapat izin orang tua. Awalnya mau berangkat diam-diam, tapi kok ya kayaknya durhaka banget kalo gak laporan dan dapet persetujuan dari orang tua. Setelah menimbang-nimbang permohonan orang tua untuk mengabaikan kesempatan kali ini dalam rangka kelulusan, di ikhlaskan saja kalau begitu,, dan ini pengalaman pertama saya mengikhlaskan kesempatan yang sudah diberi. Ingin sekali ikut serta, tapi saya lebih ingin menjadi anak sholehah,.. hehehe…

 

Sekian, laporan rekam jejak jatuh jatuh jatuh bangun-nya saya. Tidak mungkin tidak bisa didapat kalau memang sudah sering diusahakan. Diantara 100 kesempatan yang dicoba, pasti ada 1 yang punya kita… buktinya tuh saya, dari 10 yang dicoba pontang-panting, cuma 3 yang jadi milik,, Ayo ayoooo,, bermimpi lagiiiii,, dan jangan pernah selipkan kata menyerah meskipun sekarang kita sudah melakukan percobaan yang ke-99. Jangan menyerah, karna siapa tau satu kali lagi mencoba, kita akan sukses. Karena dari dulu yang saya tau, jarak antara kita dan kesuksesan itu Cuma selangkah lho… SEMANGAT LULUS *errr,, salah,, itu mah nyindir diri sendiri,,, maksud saya SEMANGAT BERMIMPI!! Dan selamat menjadi PERAIH MIMPI,, dan buat kalian pengejar beasiswa, selamat masuk ke club SCHOLARSHIP HUNTER!!

 

Jatinangor, 170211, 10.20

*akhirnya saya kembali normal* kekekekeke..

 

2 thoughts on “REKAM JEJAK

  1. hi mbak, aku fina… aku pengen banget mbak bisa dapetin beasiswa pascasarjana ke luar negri, tapi gak tau gmn caranya???

  2. Hi ka..
    wahh menginspirasi sekali ka rekam jejaknya kisah kaka dalam upaya mnggapai impian dan mengeksplor dunia.
    waktu saya lagi searching dengan kata kunci ISWI Ilmenau , saya dpt alamat blog kaka.ternyata menarik bgt..
    Saya juga sedang giat2nya nih apply sana-sini sama seperti Kaka.. sedang menunggu pengumuman dari akhir februari smpai awal maret. Saya juga apply ISWI Ilmenau 2013. Mudah2n dikasih yg terbaik deh.. Aamiin..
    yang saya mau tanya ka, yang International Spring Semester Student Exchange, South Korea itu nama programnya apa ka? boleh minta link nya ga?? saya juga pgn bgt dapat kesempatan ke Korea…
    Terima kasih sebelumnya.. Sukses terus ka..

Leave a Reply

