R E S O L U S I


 

Tahun baru,,, resolusi baru,,,,

 

 

 

 

Sudah seperti lekatnya handphone dan jempol,, setiap diawal tahun yang baru selalu ada resolusi baru… Resolusi diartikan sebagai pembuatan capaian-capaian baru agar tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Mungkin yang tahun sebelumnya sudah keliling Indonesia, di tahun ini membuat resolusinya yang baru untuk keliling ASEAN, atau mungkin yang tahun ini sukanya nulis blog, tahun depan bisa nulis buku sendiri buat fakultas (curhaatttt).

 

 

Ada satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat resolusi,,, bukan hanya sekedar membuat capaian-capaian baru, tapi membuat capaian baru yang lebih tinggi dari capaian sebelumnya dan masih dalam ranah kompetensi yang serupa. Bagi saya, resolusi adalah perbaharuan komitmen akan konsistensi perbaikan diri.  Komitmen akan konsistensi disini dalam aspek kesinambungan perjalanannya. Sinambung berarti saling menopang antara resolusi satu dan lainnya sehingga perbaikan diri (atau kompetensi) yang diharapkan tiap tahunnya menunjukkan titik yang jelas, lebih jelas dan semakin jelas….

 

 

Bayangkan jika teman-teman membuat resolusi yang berbeda-beda tiap tahunnya,, misalnya tahun sebelumnya ingin bisa berbahasa inggris dengan lancar, tahun selanjutnya ingin bisa berbahasa mandarin dengan lancar. Bisa saja sebenarnya kompetensi berbahasa asingnya berganti dari bahasa inggris ke bahasa mandarin, tapi hanya jika bahasa inggrisnya sudah benar-benar lancar cas cis cus tepat seperti resolusi yang sudah ditetapkan ditahun sebelumnya. Jangan memaksakan untuk membuat capaian resolusi baru sedangkan capaian sebelumnyqa belum mencapai titik maksimal dalam kurvanya. Karna dikhawatirkan kita hanya jadi pintar membuat resolusi tanpa jejak jelas akan resolusi-resolusi tahun sebelumnya yang telah kita tetapkan. Bijaknya, resolusi dibuat dalam waktu bertahap sampai hal yang ingin dimiliki tersebut menjadi kompetensi atau perubahan jelas terhadap diri kita.

 

 

Jadi,,, resolusi saya tahun ini adalah menyelesaikan resolusi tahun-tahun sebelumnya yang belum terselesaikan hingga tuntas. Itu plan A. Jika plan A dapat dicapai dalam waktu singkat baru saya teruskan ke plan B untuk menambah perubahan-perubahan lainnya dalam daftar panjang perbaikan diri saya.

 

 

Tahun ini saya HARUS LULUS,, itu dulu,,, karna setelah saya berhasil mendapatkan kunci untuk pintu gerbang kelulusan, banyak sekali pintu-pintu kesempatan lainnya yang minta untuk ditemukan kuncinya, dan pastinya akan lebih menyenangkan dalam perjalanannya,,, pintu apa saja itu?? Rahasia donkkkk,,,,, Bantu doa saja ya teman-teman….

 

 

OOT: Akhir-akhir ini saya suka takut ketika menyadari umur saya sudah hampir 23 tahun, saya takut nantinya menyadari jangan-jangan masa muda saya kurang maksimal saya jalani,., dan tanpa disadari saya sudah tua termakan umur saja…. tidaaakkk.,,, Masa muda tidak akan kembali lagi dan terulang dua kali,, semoga teman-teman pun sadar akan itu, dan tidak lagi menunda untuk melakukan banyak hal di masa-masa emas kita ini… 😀

 

 

Selamat berjuang untuk terus menjadi lebih baik dalam masa-masa muda ini teman,,,,

Jatinangor, 040111, 07.32

 

 

Leave a Reply

