(IYCF Journal) A week in Islamabad (5)


yamman

The schedule…
7 December 2010
06.30 Having breakfast
07.30 go to PNCA for the conference
09.00 Session 1 “Saving Lives Through Innovation” by Marc Koska
10.30 Session 2 “Democracy Building Through Social Movements”
12.30 Lunch
13.30 Session 3″Social Invesments in Harnessing Youth Potential” by UNFPA
14.30 Session 4 “Role of Volunteers in Literacy Promotion” by NCHD
15.30 Keynote Speech by Joe Machese “Reinventing Philanthropy”
18.00 Go to Arena for dinner
19.00 Folk and Cultural Show
21.00 Dinner
22.30 Back to Crown Plaza Hotel

 

Skip the routinity,,, let talk straight to the session of the conference,,,
As you can see,, first session coming from Marc Koska,, seorang penemu ‘K1 syringe’. K1 syringe adalah alat suntikan satu kali pakai. Dengan harga produksi dan harga jual yang sama, Marc berhasil menciptakan satu alat yang menjadi solusi salah satu masalah besar dunia. Kalau teman-teman pernah nonton film “3 needles”, pasti tahu kalau ternyata jarum suntik bisa menyebarkan penyakit dari satu belahan dunia ke belahan dunia lainnya. Dan hal ini disebabkan karna alat suntik yang telah dipakai masih reusable yang kemudian miss-use. Dan Marc doing a great job to invent this syringe. Dalam conference, marc menjelaskan latar belakang mengapa sampai dia tergerak untuk menciptakan alat suntik ini hingga akhirnya award pun diperoleh. Session yang sangat menarik dan cukup menggelitik saya dan yang lain (yang katanya) as youth, agent of change, untuk bergerak lebih dan berkontribusi untuk lingkungan sendiri bahkan dunia.

 

Move to the second session, berbicara tentang demokrasi melalui pergerakan sosial. Disini delegasi thailand banyak bersuara dan sedikit berbagi cerita tentang demokrasi pemuda di negaranya dan pemerintahan mereka. Selanjutnya setelah makan siang, dilanjutkan ke sesi-3 dari UNFPA, which is amat sangat membosankan. Pembicaranya adalah 6 orang yang sudah berumur dengan gaya bercerita yang,,, ohhh,, no komen… Bahkan sampai sesi ke-4 pun agak membosankan. Well, hari ini memang sedikit terlalu padat materi yang diberikan,,, n peserta mulai sedikit bosan dengan semua materi yang diberikan tanpa jeda. Sampai akhirnya hadir Joe Machese dan Nichole dari Socialvibe.

 

Finally, Joe dan Nichole akhirnya bisa memeriahkan kembali conference. Materi yang diberikan mengenai menemukan kembali kecintaan sesama manusia. Disela-sela presentasinya Joe memperlihatkan beberapa educated movie diantaranya Uninconvenient Truth, The Cove, Food.Inc, Waiting For Superman, and Emmy. Sebagai perwakilan dari Social vibe, Joe menyadarkan saya dan peserta lainnya pentingnya untuk saling membantu dalam menyelesaikan masalah dunia, salah satu caranya adalah melalui dunia perfilman yang dengan caranya sendiri menyampaikan pesan kepada para penikmatnya, ataupun melalui individual video upload di Youtube yang bisa memberikan efek diluar dari logika kita (contohnya ketenaran Justin Bieber, tersentuhnya masyarakat dunia dengan segala yang dihadapi oleh mereka di belahan Afrika, dll). Menarik sekali untuk diikuti hingga akhir presentasi. Sampai pada salah satu kalimat diakhir sesi “more does not mean better” yang ditujukan kepada media setelah protes yang dikeluarkan dari delegasi Pakistan terhadap ketidakbaikan image yang dibangun di luar sana. Good point!!

 

Hingga akhirnya, hari kedua conference pun sampai pada penghujungnya setelah sebelumnya Susan Gordon bersama Marc Koska mengumumkan bahwa mereka bekerja sama membuat FB Causes berjudul “Safe Injection for Pakistan” yang dikompetisikan. Peserta yang berhasil merekrut paling banyak mendapatkan award cash money di hari terakhir event.

 

Dilanjutkan rutinitas makan malam di Arena disertai hiburan seperti biasanya. Namun hari ini, hiburan diganti dengan catwalk yang di-arrange oleh panitia disela-sela culture performances dari international delegation. Hadirlah Indonesia, Thailand, Yamman, Jordan, dan Sri Lanka makes the night sparkling. Warming the bloody cold night,,, 😀

 

Again,, nice day in Pakistan…

 

To be continue…
Jatinangor, 231210, 01.35

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s