Beranjak dan berlalu pergi


Bukan tidak punya kemampuan untuk segera menyelesaikan segala yang harusnya berakhir
Bukan pula tak punya cukup waktu untuk membereskan seluruh kewajiban yang seharusnya bisa cepat selesai
Atau karna tak cukup punya energi untuk tetap bisa bertahan dan menuntaskan yang harus segera diakhiri??
Sama sekali bukan…

Seringnya kemampuan sangat mencukupi..
Waktu juga masih banyak tersedia untukku saat ini..
Bahkan energi pun acapkali berlebih,,,

Hanya saja….
Masih tidak punya cukup kekuatan hati
Untuk melepas mereka yang telah susah payah digapai dan digenggam erat dalam pelukan
Hanya tidak cukup kuat untuk menahan tetesan airmata perpisahan
Ketika yang telah dibangun, harus rela dibiarkan pergi
Hanya merasa tidak cukup punya keahlian untuk bersandiwara
Dan berkata “jarak tak memisahkan hati yang telah terdekap kencang”
Hanya merasa,,,
Ketika semuanya harus aku akhiri,,
Mereka pun akan segera berlalu pergi
Dan cerita tentang “indahnya kita”
Berganti menjadi “aku dan perjalananku” tanpa ‘kita’

Ah,,
Meski aku telah cukup kenyang dengan pengalaman berpisah seperti yang akan kuhadapi sebentar lagi
Tapi tak juga menjadikanku pintar dalam menata rasa dihati
Meski aku tahu pada akhirnya semua menjadi memori yang akan terobati oleh waktu yang terlewati
Tapi memulainya, tetap saja menyayat pedih di relung hati

Andai kemarin, hari ini, esok, dan esok lagi aku tetap bisa bersama kalian
Sepertinya aku tak akan pernah sampai pada kesadaran akan berharganya kalian dalam bongkahan jalan panjang hidup ini
Andai kita tak pernah harus berpisah
Sepertinya aku tak pernah sampai pada perenungan akan betapa bermaknanya waktu yang masih tersisa sedikit lagi untuk kita lewati
Andai hari perpisahan tak pernah menyapa
Sepertinya aku tak akan pernah sampai pada kesadaran bahwa perpisahanku dengan kalian telah meninggalkan satu lubang dihati
Yang tidak akan pernah bisa terganti dengan potongan hati lainnya..
Yang tidak akan pernah bisa disamai dengan cerita-cerita mereka dan memorinya,,
Yang tidak akan pernah bisa terulang seindah kulewati hari bersama kalian dibawah langit senja…

Sampai jumpa teman..
Cepat atau lambat, kita tetap akan dipisahkan oleh kepentingan mimpi pribadi
Suka atau tidak suka, kita memang harus berpisah untuk menjadi diri yang lebih baik
Mau atau tidak mau, garis finish tak terhindarkan lagi..
Segera atau tidak, aku harus menyelesaikan segalanya..

Satu yang pasti,,,
Hingga nanti saat bertemu kembali
Aku tau rasa ini masih akan tetap sama seperti hari ini
Karna hanya kalian…
Yang membawa potongan hati yang tepat untuk menutup lubang dihatiku,,,

Beranjak
Dan berlalu pergi
Untuk kembali
Dan menjalinnya dengan lebih indah lagi

 

Jatinangor, 251110, 21.54

Leave a Reply

