Tuhan,,, ajari aku lebih cepat


belajar

Tuhan,,,
Hari ini aku lagi-lagi meneteskan airmata,,
Menangis karna sesuatu yang tak sesuai dengan rencanaku
Lagi-lagi Tuhan,,
Awalnya aku benar-benar terlarut dalam kesedihan
Mungkin juga bisa sampai berhari-hari
Tapi untungnya aku cepat menyadari
Sebenarnya ini hanya cara-Mu untuk menunjukkan kuasa-Mu
Kekuasaan akan bumi dan seisinya
Hanya cara-Mu untuk mengingatkanku akan ketidaksempurnaan manusia
Yang tak punya kuasa seratus persen atas apa yang telah direncanakan
Dan lagi-lagi ini hanya cara-Mu
Untuk menunjukkan kelemahan manusia dan kebutuhan kami akan-Mu
Meski hal serupa pernah terjadi
Namun tangis tak kunjung dapat terhindar dari pelupuk mata..

Mengapa begitu terlambat aku sadari ya Tuhan??

***

Tuhan,,,
Baru saja jantungku berdetak amat cepat
Sampai-sampai hampir menembus dada dan terlepas keluar
Yang tidak pernah kuduga, telah terjadi padaku
Dan kali ini aku bingung..
Mengapa bukan yang selalu kupanjatkan yang diberikan oleh-Mu??
Dan setelah rasa bahagia itu berlalu,,
Baru kutemukan jawabnya
Ternyata Engkau ingin menunjukkan ke-adidaya-anMu
Engkau ingin aku dan hamba-Mu yang lain tau
Bahwa Engkau selalu lebih tau mana yang terbaik untuk hamba-Mu
Dan Engkau ingin agar kami mempercayai-Mu lebih diatas segalanya

Lagi-lagi terlalu lama waktu untuk kupetik pelajaran ini…

***

Terduduk lemas tanpa daya, Tuhan…
Sejak beberapa waktu lalu kudengar bahwa aku telah kehilangan hak kepemilikan
Hak kepemilikan atas kebebasan penggunaan organ
Dan pengakuanku atas kepemilikan orang-orang yang aku sayangi
Sejenak aku merasa hidupku cepat akan berhenti
Sempat terlintas pikiran pendek untuk menyerah
Namun entah darimana asalnya
Tangan-Mu selalu datang di waktu yang tepat
Menyampaikan pesan bahwa semua yang kumiliki tidak abadi
Dunia ini pun tak abadi..
Engkau ingin aku menyadari keabadian-Mu
Untuk apalagi kusembah dunia yang semua kepemilikannya semu??
Bukankah lebih baik kupilah semua yang membawaku pada tabungan keabadian akhirat??

Mengapa setelah kehilangan baru kudapatkan pelajaran keabadian-Mu??

***

Ah.. Tuhan…
Kumohon…
Selanjutnya berikan materi pembelajaran lebih cepat
Tolong berikan kepekaan lebih tinggi untuk menyadari semua
Aku tidak ingin belajar dari kehilangan
Walaupun sebenarnya seolah sengaja Engkau jadikan keterlambatan ini
Untuk mengajariku arti apresiasi…

Tapi tolong Tuhan,,
Esok, ajari aku lebih cepat..
Agar aku dapat belajar bagaimana mempertahankan
Sebelum akhirnya lepas dari genggaman
Dan hilang,,,

Jatinangor, 021010, 01.17

Leave a Reply

