Kerja Tanpa Istirahat = Dzalim


sleep

Nyerah…
Begitu kira2 status ym saya kemaren maghrib. Dan guess what,, langsung banyak banget yang nyapa. Dan rata2 dimulai dengan pertanyaan yang sama, “nyerah kenapa tor??” setelah banyak disapa gara2 status itu, langsung buru2 saya ganti,, Saya sempet nanya sama salah seorang yang menyapa

Saya : “Kenapa sie kak kq pada langsung nyapa pas histor buat status gitu??”
Kak A : “Karena aneh kalo status itu keluarnya dr histor,, histor yang biasanya semangat kq malah bilang nyerah”

Dan gara2 jawaban ini saya langsung secepatnya ganti status.. Wah ternyata sudah terbentuk frame di temen2 sekitar saya kalo saya itu bisa dikatakan GAK BISA DIEM,, hahahhaa.. padahal kan wajar kalo sesekali capek,, ato mungkin salah milih kata kali ya,, nyerah sepertinya sudah sampai penghujung usaha dan g akan berusaha lagi.

Asal mula Status Nyerah,,,

Jadi gini nie ceritanya sampai bisa saya buat status begitu,,, *berasa artis*

***pasti langsung ada yang bergumam : penting banget ya dijelasin, emang lo siapa?, gw g pengen tau alesannya) hahaha,,, lahh,, terserah saya thoo,, dilapak sendiri ndak papa tho ekspose diri sendiri,, lha wong emang niatnya mau curhat,,, pissssss (^o^)V ***

 

Lanjut nie yaa,,,, jadi asal mulanya gara2 kemaren saya sempet kecapean,,
Saya udah mengazamkan diri untuk ikut berpartisipasi di Kompetisi Essay Mahasiswa (KEM) 2010 (www.menjadi-indonesia.org) dan udah heboh banget nyari ide n brainstorming sama temen tentang 2 ide yg mengangkat 2 subtema yg ditawarkan. Jadi intinya saya mau buat 2 essay, karna peraturannya juga membolehkan dan idenya ada ya sudah saya buat 2 saja,,

 

Sampai hari-H deadline (kebiasaan deadliners) baru beres 1 essay,, dengan mengorbankan waktu tidur dan hanya berhasil tidur 1 jam, soalnya mau ditidur2in jg kepikiran terus sama essaynya.. Nah pas udah ngirim essay pertama n mau buat essay kedua yg udah disiapin kerangka berpikirnya, eh badan beneran udah g bisa ditawar2,,, Udah dicoba sekuat mungkin untuk ngerjain dan udah dapet 3 paragraf, tapiiiiii asliii,, badan bener2 udah gak karu2an rasanya,, udah mulai panas gak jelas, bindeng, kleyengan, dan otak tidak lagi bisa fokus,,,, whooaahhh akhirnya saya bener2 nyerah dan mengakhiri usaha saya buat essay yang kedua dengan sebelumnya mencari keyakinan dan excuse dr 2 teman saya lewat telpon,,,salah satu dr mereka bilang “masih bisa disalurkan ke yang lain, udah sekarang istirahat yang bener dan jangan kepikiran apa2 lagi”. Bismillah,, saya akhiri dengan berat hati dan bersiap2 menuju pulau kapuk….

 

Saya sempat melirik ym dr kakak kelas saya yang ternyata sudah bercerita panjang perihal ISTIRAHAT… langsung copas aja deh yaa,,,

Kak Kres : k’kres pernah ktemu bpa bpa wktu lg kerja..
: wktu itu k’kres lg semangat semangatny
Saya : trus kak??
Kak Kres : tp produktivitas ny udh mentok juga..
: pas ngobrol2 sm si bpa, dia bilang
: “mas ayo santai dulu”
: k’kres : “ia pa tp sy mesti nyelesein kerjaan yg cukup bnyk”
: bpa : “mas, kl kerja itu jgn smpe lupa waktu”
: k’kres : “ky ny saya biasa biasa aj ko pa”
: bpa : “mas udh istirahat? kerja dr pagi kan?”
: bpa : “jgn lupa istirahat mas, 5 mnt, 1 jam, Allah ga suka orang yang lupa waktu”
: bpa : “mas tau maen karambol?”
: bpa : “maen karambol itu ngga haram, tp kl sampe lupa waktu itu haram”
: bpa : “sama hal ny dgn kerja mas, kl lupa waktu itu jadi haram”
: bpa : “sama hal ny dgn kerja mas, kl lupa waktu itu jadi haram”
: bpa : “istirahat dulu mas, jgn lupa shlt nya”
: bpa : “g mau kan hasil kerja keras ny ternyata haram?”
: k’kres : “ya ngga mau dong pa, amit amit, hehe” *sambil bercanda
: bpa : “ya uwis.. istirahat!”
: bpa : “ya uwis.. istirahat!”
: pdhl k’kres ngerasa g perlu istirahat..

 

Waahhh saya langsung berterimakasih sengaja dengan kakak kelas saya itu… saya simpulkan bahwa selama ini yang saya kira istirahat nunggu capek dulu itu salah,,, sudah terlebih dahulu mendzalimi hak diri baru istirahat, seharusnya memang sudah di agendakan dari awal waktu istirahat sejenak sebelum sampai batas lelah maksimalnya tubuh. Trus kesimpulan selanjutnya, ternyata kita harus bisa manage waktu dan jangan sampai lupa waktu,, lupa waktu dalam artian harus ada alokasi istirahat tadi, karna bisa2 yang kita kerjakan tidak lagi menjadi suatu berkah meskipun sebenernya yang sedang kita lakukan itu untuk tujuan kebaikan banyak orang…,

 

Waaahhhh makasih sekali kak,, saya semakin yakin untuk beristirahat, sempat diberikan solusi oleh temen yg tadi saya telpon untuk bangun beberapa jam sebelum akhir pengiriman,, dan saya pun berniat begitu,, tapi saya tidak bisa menjamin saya bisa benar-benar bangun tepat waktu dalam kondisi seperti ini dan disaat saya sedang tidak Shalat. Dan hasilnya,,, ternyata saya terbangun berjam-jam setelah deadline berakhir,, yasudah ikhlaskan saja,,,,

 

Oia, saya sempat dikirimkan sms oleh teman saya tadi,, sms yang dulu pernah saya kirimkan untuk mereka,,,

TENTANG AZAM YANG KUAT
Yang tak akan goyah meski tak ada tempat bergantung
Yang tak akan gentar meski rintangan telah tampak mengembang senyum
Yang semakin membaja ketika tumbukan kuat merangkum
Yang tak mengenal kata TIDAK untuk tantangan yang datang menghampiri

 

Dan sayaaa… benar2 memulai istirahat dengan ketidakrelaan,,,, kata2 saya dibalikkan untuk saya,, apakah azam saya untuk menyelesaikan essay kedua kurang kuat??? Walau bagaimanapun, saya lanjutkan istirahat saya, dan tertidur dengan pulass,,, *sempet mimpi tentang essay jg fiuuuhhh*

 

Untuk semua teman-teman yang sudah banyak perhatian dan banyak mengingatkan saya tentang banyak hal,, terima kasih,,,, tulisan ini buat kita semua,, semoga bisa mengingatkan yang lain jg,,,

 

Beberapa menit sebelum laptop mati,,,
Jatinangor, 210910, 08.07

 

4 thoughts on “Kerja Tanpa Istirahat = Dzalim

Leave a Reply

