Two Wrong Wont Make It Right


abc

Hei hei,,, pernah belajar matematika kan??? Apapun bidang ilmu temen2 saat ini pasti pernah bertemu dengan pelajaran matematika minimal ketika di SD dulu,, setuju sama saya kan ya??

(-a) x (-b) = c

Setuju kan yaa??? Minus dikali minus sama dengan plus.. atau negatif dikali dengan negatif sama dengan positif,,, ya, jadi ketika negatif bertemu negatif menjadi hal yang positif,,

 

Saya pernah menemukan ttg positif negatif ini dalam kehidupan sehari-hari,, Jadi begini ceritanya,, Pada saat itu saya sedang bete-betenya dan kehilangan motivasi untuk menyelesaikan revisi draft UP trus ketemu temen lama yang baru balik kenangor lagi setelah kelulusannya bulan november. Langsung saja saya gaet dia berharap bisa menghilangkan kebetean sembari hang out bersama. Eh ternyataa… gak lama dari ngobrol bareng n curhat ke dia, dia malah balik curhat. Curhatannya juga tentang giving up yang sedang melingkupi dia karna belum juga dapat kerja setelah sekian banyak amplop2 surat lamaran dikirimkan,,,

 

Well, saya sudah berpikir bahwa pertemuan kami hanya akan membawa efek negatif. Tapi ternyata saya salah, yang selanjutnya terjadi justru sebaliknya, dia terus menyemangati saya, dan saya pun jadi balik termotivasi untuk menyemangati dia. Dan obrolan kami pun terus berlanjut menjadi penutup sore yang benar-benar bermanfaat, banyak sekali hal yang sebenarnya kami sama-sama sudah tau tapi diingatkan kembali dalam obrolan itu. Ah,, ternyata 2 orang negatif jika bertemu justru menjadi positif, 2 orang yg butuh motivasi ketika bertemu justru jadi saling memotivasi.

 

Saya setuju tentang itu, negatif jika bertemu negatif bisa menjadi positif. Ini untuk 2 orang yang berbeda, nah kalo mengacu pada judul tulisan, yang saya maksd disini tentang kesalahan yang kita lakukan, ‘mistake’. Kesalahan pertama seringnya dimaafkan karna mungkin memang tidak tau atau baru belajar, tapi jika kesalahan yang sama terjadi kembali untuk kali kedua dan seterusnya, itu berarti kita tidak belajar. Hewan-hewan saja tidak pernah mengulang kesalahan yang sama dua kali, apalagi manusia yang ngakunya punya kelebihan akal dibanding dengan hewan.

 

One wrong will be right later
But two wrong will not make it right

 

Justru ketika kesalahan terulang dikali kedua berarti si pelaku kesalahan tidak menyadari bahwa apa yang dia lakukan salah, dan kalau dia masih tidak belajar jangan-jangan justru kesalahan itu tidak lagi dianggap sebagai kesalahan melainkan suatu hal yang wajar, hasilnya,,, tidak pernah terjadi proses pembelajaran.. Aduh,, jangan sampe deh,, merugi banget kayaknyaa… Btw2 nie, saya jujur paling takut kalau saya sampai2 tidak menyadari bahwa saya salah, karna langkah perubahan (untuk menjadi lebih baik) pertama kali adalah menyadari bahwa kita salah.

 

So,,, one wrong will have an excuse, but two wrong gonna make it so wrong later,,,
Hati-hati teman2,, semoga kita selalu diberi kesempatan untuk bisa memperbaiki kesalahan dan tidak mengulanginya lagi ya,,, dan semoga kita selalu menjadi orang-orang yang beruntung.. Amien,,,

 

Pilihannya Cuma 3 teman-teman,,,
1. Be good (untuk mereka yang selalu melakukan yang terbaik untuk tidak bersentuhan dengan kesalahan)
2. Get good (untuk mereka yang belajar dari kesalahan)
3. Give up (untuk mereka yang tidak lagi memilih untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi)

The choice is yours,, n you gotta make it right…

 

Semangat pagi!!
Jatinangor, 250610, 08.22

 

Leave a Reply

