Satu Hati


Satu hati
Yang sulitnya tak kunjung berakhir untuk terus terjaga
Kadang didatangi debu duniawi
Tak ayal pula dihampiri warna yang menjadikannya tak lagi putih

Satu hati
Yang tak urung buat pemiliknya habis pikir mempertahankan
Hari ini dekat keatas lalu kemudian lama berada di bawah
Sesaat didatangi hitam, seabad menjadikannya hilang

Satu hati
Yang adanya memberi arti pada anggota tubuh lainnya
Tergores sedikit meninggalkan bekas selamanya
Terkoyak satu sisi, tak akan kembali sempurna

Satu hati
Yang tak terhindar dari jamahan meski letaknya begitu tersembunyi
Seringkali dihimpit kesenjangan tingginya harga diri
Dan tak jarang hampa jika tak pandai mengisinya

Satu hati
Yang amat sensitif penempatannya
Tak boleh lebih sedikit dari akal
Dan tak pula pantas lebih rendah dari logika

Namun,,
Tak ada satu hal pun yang dicipta jika kita tak mampu menggenggamnya erat
Menjaganya dengan tidak terlalu mengekang tapi tidak juga renggang terkepal
Untuk itu hati dicipta
Mengajarkan kita arti kata kendali
Menjadikannya mampu merasakan sensasi tanpa harus terlepas dari kemudi

Hati-hati menjaga HATI,,,

Jatinangor, 150610, 21.43

2 thoughts on “Satu Hati

  1. Salams,

    susah benar mahu menjaga hati. terkadang mudah alpa oleh kesenangan yang diberi, terkadang mudah lalai atas kesusahan yang diberi Allah. Ya, kendali itu yang penting. belajar kendali hati dengan praktis sabar dan doa. saat kesusahan tiba, doa dipermudahkan urusan tiba- kepadaNya kita dikembalikan. dan saat diberi kenikmatan, kita diajar erti sabar dengan kenikmatan yang diberi- kendali hati supaya sabar agar tidak riak.

    saya gak puitis kayak kamu. namun, penulisan kamu mengajak saya untuk turut sama meluahkan isi hati melalui puisi, sajak etc 🙂

    saya sering mengagumi bahasa yang indah lagi halus seperti ini.

    • saya sudah seperti baca satu tulisan,,,
      saya jadi diingatkan dari komen kamu diatas,,,
      Yeap sabar dan terus mendekat padanya dengan berdoa adalah kunci pengendalian..
      Saya bisa menulis seperti ini bukan berarti saya sudah berhasil, saya juga masih terus berusaha untuk memperbaiki diri dan mengendalikan hati,,,
      😀

Leave a Reply

