Konsistensi dan Improvisasi


Tulisan ini berawal dari sms2an sama adik kelas saya angkatan 2009 (sebut saja fulanah) malam ini. Tiba2 ada sms yang mengatakan bahwa dia sudah membaca SEMUA tulisan saya. Waduhh watir uy,, ternyata benar2 semuanya sodara-sodara,, semua curhat2annya ketahuan deh,,, ssstttt diem2 aja ya fulanah, jangan bilang siapa2,, 😀

Nah, inti smsannya menyatakan kalo si Fulanah ingin bs menulis,, intinya termotivasi dari blog saya, (alhamdulillahhh).. Sampai ada satu kalimat kurang lebih seperti ini
“aq iri sm orang2 di sekitar yang sukses dan hebat2..”
Wah, jadi inget dulu pernah sedikit menyinggung tentang hal ini dalam salah satu tulisan saya,, teman-teman, ketika kita berada dalam lingkungan orang-orang hebat sebenarnya itu merupakan pertanda untuk kita juga menunjukkan kehebatan kita dengan terlebih dulu mencari tau apa didalam diri kita yang bisa menjadikan kita hebat. Menurut saya apapun itu bisa menjadikan kita hebat dan berbeda asal dilakukan dengan konsisten,, Konsisten disini bukan berarti datar-datar saja tapi konsistensi yang diikuti improvisasi. Ketika teman-teman mendengar kata improvisasi bukankah identik dengan inovasi?? Yang inovasi itu sendiri identik dengan perubahan menuju arah yang lebih baik. Nah itu maksud saya, konsistensi yang terus diimprovisasi sehingga terus lebih baik.

Contohnya begini teman-teman, bagi yang suka berbicara, konsistenlah berbicara, tapi jangan lupa untuk mengimprovisasi, dulu mungkin sukanya bicara sendiri di kamar, besok-besok meningkat menjadi suka berbicara dikelas, di depan forum semi formal, di depan forum formal, sampai akhirnya diundang menjadi pembicara.
Temen-temen yang suka nulis, konsistenlah menulis, yang awalnya coba-coba, kemudian mood-mood an, trus memaksakan diri, sampai akhirnya menjadi kebutuhan dan memenuhi kebutuhan teman dengan request tertentu.
Temen-temen yang suka membaca, konsistenlah membaca, mulai dari membaca buku favorit, membaca buku-buku yang dibutuhkan, membaca semua yang ada disekitar, sampai dengan membaca dalam rangka menjadi editor tulisan orang lain.
Temen-temen yang suka shopping baju-baju, konsistenlah berbelanja (lhooo)… mulai dari boros-borosan hawa nafsu beli ini itu yang menarik mata (dan dompet tentunya), beli baju-baju yang sesuai dengan kebutuhan ocassion yang dijalani.
Temen-temen yang suka ngedengerin cerita temen, konsistenlah mendengar berawal benar-benar hanya menjadi seorang pendengar, meningkat menjadi pemberi ketenangan, meningkat menjadi problem solver, menjadi tempat menemukan solusi, bahkan bisa menjadi konsultan suatu lembaga (nyambung gak sie?).
Teman-teman yang suka nonton film, konsistenlah menonton, berawal dari hobi menonton film-film genre tertentu, menjadi rutin menonton semua jenis film, menjadi pengamat film, bahkan sampai menjadi kritikus film atau mungkin sutradara (halah halah….).

Intinya teman-teman, saya hanya ingin mengutarakan bahwa konsistensi itu penting sekali,,, jadi inget saya pernah sedikit kesal dengan pedagang-pedagang di jalan Sayang, karna ketidakkonsistenan mereka, hari ini buka lapak dengan segala dekorasinya, bulan depan udah tutup, hari ini nyebar-nyebarin lembaran delivery service, 2 bulan lagi udah g bisa mesen makanan. Padahal pada saat para pedagang tutup lapak, konsumen-konsumen mulai menghitung mereka sebagai tempat yang dituju untuk mengisi perut yang keroncongan,, Kalaupun lapak yang dibuka mungkin hanya lapak biasa yang tidak spesial, tidak terlalu istimewa dan menarik untuk dihampiri, minimal ketika konsumen benar-benar bosan dengan semua makanan dan selanjtnya akan menjadikan lapak yang biasa tadi masuk kedalam pilihan. Haduh haduh,,, semoga pada ngerti yaa…

Konsistenlah teman-teman, dan terus improvisasi,, karna konsistensi selalu membuahkan hasil. Percaya deh,, 😀

Jatinangor, 020610, 00.33

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s